>

Okupansi Kereta Bandara Diyakini Naik 60%

  Senin, 04 Maret 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM--Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meyakini jumlah keterisian atau okupansi penumpang Kereta Api (KA) bandara akan naik lebih dari 60 persen. Angka tersebut akan tercapai saat kereta bandara dioperasikan sampai Stasiun Manggarai sekitar akhir Maret nanti.

"Kalau menurut saya dengan berhenti di Stasiun Manggarai, okupansi kereta bandara ini menjadi 60 persen karena orang Depok, Bekasi, bisa langsung. Kalau sekarang ini harus sampai ke Dukuh Atas terlebih dahulu," katanya pada keterangan tertulis di Jakarta, Senin(4/3/2019).

Saat ini KA bandara berhenti sampai Stasiun Dukuh Atas.Dengan beroperasinya kereta bandara hingga Stasiun Manggarai, diyakini akan semakin memudahkan masyarakat Jabodetabek yang akan menuju bandara terbesar di Asia Tenggara ini.

"Kereta bandara yang tadinya sampai Dukuh Atas sebentar lagi akan dioperasikan sampai Stasiun Manggarai, semua angkutan-angkutan yang dari Depok, Bekasi bisa ganti di tempat itu sehingga kereta bandara bisa 'point to point'," katanya.

Selain kereta bandara, Menhub menjelaskan pula terkait rencana beroperasinya kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta pada April mendatang.

"MRT rencananya awal bulan Maret ini akan dioperasikan secara khusus dan baru nanti bulan April dioperasikan secara umum. 'Insya Allah' memberikan suatu layanan yang baik," katanya.

Jelang pengoperasan, MRT juga telah dilakukan uji coba dengan mengajak sejumlah pemangku kepentingan untuk menjajal kereta yang dinamakan Ratangga tersebut.

Pemerintah juga akan segera membangun kawasan berbasis transit (transit oriented development) untuk integrasi dengan pusat kegiatan ekonomi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar