>

Rabu Ini General Motor akan Tutup Pabriknya di Ohio

  Selasa, 05 Maret 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Produsen otomotif AS General Motors Co (GM) menyatakan pihaknya akan mengakhiri produksi Chevrolet Cruze di pabrik perakitannya di Lordstown, Ohio pada Rabu (6/3/2019). Dikabarkan itu adalah yang pertama dari lima pabrik yang tidak beroperasi tahun ini di Amerika Utara.

Seorang juru bicara GM mengatakan perusahaan itu "lebih cepat dari jadwal produksi" dan menambahkan bahwa produksi telah dijadwalkan untuk berakhir Jumat (8/3/2019) "tetapi sekarang sepertinya akan menyelesaikan produksi Cruze pada Rabu."

AYO BACA : Cina Targetkan Pertumbuhan Ekonomi di Atas 6%

Pekan lalu, dikutip dari Reuters, Serikat Pekerja Otomatif (UAW) menggugat GM atas keputusannya untuk mengakhiri produksi dan menghapus ribuan pekerjaan pabrik mobil AS, dengan mengatakan itu melanggar perjanjian perundingan bersama 2015.

UAW telah meminta seorang hakim federal untuk memerintahkan GM membatalkan keputusan November untuk menutup tiga pabrik di Michigan, Ohio dan Maryland, dan memberikan ganti rugi kepada karyawan atas kerugian dari apa yang oleh UAW disebut pelanggaran kontrak GM.

AYO BACA : Data Konstruksi Mengecewakan, Wall Street Berakhir Lemah

GM mengatakan minggu lalu bahwa keputusannya untuk menghentikan produksi “tidak melanggar ketentuan Perjanjian Nasional UAW-GM. Kami terus bekerja dengan UAW tentang solusi untuk tantangan-tantangan bisnis kami."

GM mengatakan pada November bahwa mereka memangkas hingga 15.000 pekerja dan mengakhiri produksi di lima pabrik di Amerika Utara, termasuk satu di Kanada. Bulan lalu, GM mengatakan akan memperpanjang produksi di pabrik Detroit Hamtramck hingga Januari 2020, setelah sebelumnya mengatakan akan menghentikan produksi pada Juni.

Pemutusan hubungan kerja telah membuat marah Presiden AS Donald Trump, yang menuntut GM menemukan produk pengganti untuk pabrik Lordstown dan mengancam akan memotong subsidi GM.

UAW mengatakan GM akan mengakhiri produksi di pabrik White Marsh di Maryland pada 3 Mei dan di pabrik Warren Transmission di Michigan pada 1 Agustus. Pabrik perakitan GM di Oshawa di provinsi Ontario Kanada akan mengakhiri produksi pada akhir tahun.

AYO BACA : Harga Minyak Dunia Naik 1%

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar