>

Gedung Pelayanan Publik Indonesia Hadir di Jeddah dan Abu Dhabi

  Selasa, 05 Maret 2019   Rizma Riyandi
Perwsmian Gedung Pelayanan Publik Indonesia di Jeddah dan Abu Dhabi . (Antara)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM--Guna meningkatkan pelayanan bagi warga negara Indonesia (WNI), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meresmikan Gedung Pelayanan Publik Satu Atap di Abu Dhabi dan Jeddah.

“Pelayanan publik satu atap atau pelayanan terpadu menjadi suatu kebutuhan saat ini, khususnya seperti di Arab Saudi. Pelayan terpadu juga telah dipermudah dengan kemajuan teknologi saat ini,” kata Menlu Retno saat meluncurkan gedung pelayanan satu atap di Jeddah, Arab Saudi, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

AYO BACA : Pejabat Demokrat Sebut Sumber Foto Penangkapan Andi Arief Tak Jelas

Menlu RI meresmikan Gedung Pelayanan Publik Satu Atap di Abu Dhabi dan Jeddah pada 2 dan 4 Maret 2019. Kedua gedung tersebut adalah pelayanan publik satu atap pertama di Perwakilan RI di wilayah Timur Tengah.

Dengan peluncuran gedung tersebut, ke depan seluruh pelayanan publik bagi WNI dan orang asing akan dilayani di dalam satu gedung, dalam satu alur pelayanan dan menggunakan satu sistem pelayanan.

AYO BACA : Pemerintah Didorong Bentuk Badan Otoritas Performa Agraria

Sebelum adanya gedung itu, setidaknya tiga pelayanan publik yang saling terkait, yaitu pelayanan kekonsuleran, pelayanan ketenagakerjaan, pelayanan keimigrasian dan perlindungan WNI dilayani di gedung dan dengan sistem pelayanan yang terpisah.

\"Memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat dan nyaman di Kemlu dan di Perwakilan RI adalah mimpi yang terus kami perjuangkan. Karena itu, pelayanan publik telah kami jadikan salah satu ukuran kinerja utama Perwakilan RI. Alhamdulillah, sejak 2018 secara bertahap Perwakilan-Perwakilan RI sudah mulai menerapkan konsep pelayanan satu atap tersebut,\" ujarnya di depan puluhan mitra kerja Arab Saudi yang menghadiri acara peresmian gedung tersebut di Jeddah.

Sejak 2015, Kemlu RI telah mulai membangun sistem pelayanan yang terintegrasi di seluruh Perwakilan RI. Sistem tersebut diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Oktober 2018 di KBRI Seoul, Korea Selatan.

Dengan selesainya sistem tersebut pada 2017, sejumlah Perwakilan RI di luar negeri sudah mulai melakukan penyesuaian dengan menyiapkan infrastruktur pelayanan satu atap.

Sebelum di Abu Dhabi dan Jeddah, sejumlah Perwakilan RI lainnya telah menerapkan konsep pelayanan satu atap, antara lain di Konsulat RI Tawau, Malaysia, dan Konsulat Jenderal RI Chicago, Amerika Serikat.

AYO BACA : Hipertensi Ancam Kesehatan Milenial

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar