>

Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Tetap Bukan Layanan

  Selasa, 28 Mei 2019   Rizma Riyandi
BPJS Kesehatan

BEKASI, AYOJAKARTA.COM--Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bekasi Siti Farida Hanoum memastikan para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap memperoleh pelayanan selama libur Lebaran 2019.

Hal itu mulai terhitung dari H-7 sampai H+7 lebaran atau tepatnya pada tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019.

AYO BACA : BPJS Kesehatan Beri Keleluasaan Berobat Saat Mudik

"Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut," terang Hanoum, Selasa (28/5/2019).

Layanan kesehatan bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Apabila FKTP tidak dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

AYO BACA : Sri Mulyani Punya 'Resep' Agar Program JKN Berkelanjutan

"Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani," jelasnya.

Hanoum mengingatkan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Karena itu, para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS.

Selain itu, pihaknya juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. Aplikasi itu menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, serta firur layanan lainnya.

"Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN," tandasnya.

AYO BACA : BPJS Kesehatan Harus Minimalkan Defisit

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar