>

Kopi Goh Leng, Kenikmatan Kopi Padang di Dalam Gelas Wine

  Sabtu, 13 Juli 2019   Istihanah Soejoethi
Kopi Goh Leng yang disajikan di dalam gelas wine.

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM—Budaya minum kopi belakangan ini sudah tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup orang Jakarta. Tak heran, Indonesia memang salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Sehingga,  banyak kedai kopi kekinian yang hadir di Ibu Kota, salah satunya adalah Kopi Goh Leng. 

Kopi Goh Leng merupakan  bagian dari restoran Marco Padang. Restoran yang terletak di Malla Pacific Place, Jakarta Selatan ini, membawa konsep perpaduan antara budaya tempo dulu dan modern.

Kehadiran kedai kopi Goh Leng, dilatarbelakangi tradisi yang dibawa pendatang dari daratan Tiongkok ke Kota Padang yang akhirnya menjadi budaya di sana hingga saat ini. 

Nama Goh Leng diambil dari toko milik keluarga Chef Marco Lim, pemilik kedai Kopi Goh Leng dan restoran Marco Padang yang berada di kawasan pecinan kota Padang atau biasa disebut, daerah Pondok. Toko tersebut memang cukup terkenal dan akhirnya menjadi nama daerah di pecinan tersebut.

Di Kopi Goh Leng sendiri, kita dapat menikmati kopi tradisional yang dikemas dengan sentuhan modern dan disajikan di dalam gelas wine. Santi Sandra Wijaya, General Manager PT Artisan Kuliner Nusantara, mengatakan penyajian unik ini terinpirasi dari kedai kopi yang ada di Milan, Italia. 

"Kalau gelas wine ini terinspirasi waktu kami ke Milan. Di sana kopi disajikannya dengan gelas wine. Ternyata dengan gelas wine, aroma kopinya lebih terasa, jadi lebih nikmat saat diminum," ujarnya di outlet Kopi Goh Leng, Mall Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (11/9/2019). 

Meski begitu, dalam prosesnya, kopi Goh Leng masih menggunakan cara tradisional dan khas, yaitu dengan Nanyang style untuk memberikan aroma kuat pada kopinya dan juga warnanya yang menghitam. 

Cara meracik es Kopi Padang di kedai ini pun terbilang unik. Karena dimasak dengan menggunakan teko tembaga yang menjadi ciri khas pedagang kopi di Kota Padang. Hal itu memang sengaja dilakukan Kopi Goh Leng untuk mempertahankan keotentikan dan mempertahankan rasa tradisionalnya. 

Menu minum andalan dari kedai ini adalah es Kopi Padang dan es kopi susu. Kedua minuman ini sangat pas untuk menemani kita saat nongkrong bareng teman di kedai tersebut. 

Tak hanya menyajikan kopi, di Kopi Goh Leng ini kita juga dapat menikmati cemilan khas kota Padang, seperti Martabak Kelapa, Pisang Panggang Bakar, Sandwich Rendang dan beberapa menu khas kota Padang lainnya. 

"Martabak Kelapa paling favorit di sini. Soalnya di Padang sendiri, makanan ini sudah susah dicari. Cuma sisa satu yang jual di sana," ungkap Chef Marco. 

Untuk Roti Rendang sendiri, merupakan kreasi asli Chef Marco. Sajian tersebut terbilang cukup unik. Karena jika sebelumnya kita menikmati rendang dengan nasi, di sini rendang menjadi isian roti tawar. 

Untuk merasakan semua sajian yang ada di Kopi Goh Leng, kita dapat datang langsung ke outlet Marco Padang yang ada di Mall Pacific Place lantai 5, SCBD, Jakarta Selatan. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar