>

Nanti Siang DPR Tetapkan Anggota Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara

  Senin, 16 September 2019   Aldi Gultom
Suasana sidang paripurna DPR RI, di Gedung DPR, Jakarta Pusat/Antara

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- DPR RI akan menetapkan anggota Panitia Khusus (Pansus) tentang Pengkajian Pemindahan Ibu Kota Negara yang terdiri dari 30 anggota lintas komisi.

Para Anggota Pansus tersebut akan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI, nanti siang (Senin, 16/9/2019).

"Jadi yang mau ditetapkan adalah Pansus Pengkajian Pemindahan Ibu Kota, belum soal UU," kata Ketua Komisi II DPR RI, Zainuddin Amali.

Dia menjelaskan, Presiden Jokowi telah mengirim surat ke DPR beserta lampiran kajiannya terkait pemindahan ibu kota dan DPR meresponsnya dengan membentuk Pansus.

Menurut Amali, Pansus akan mengkaji hasil kajian pemerintah tentang pemindahan ibu kota. Nantinya DPR akan menyatakan sikap atas kajian pemerintah tersebut.

AYO BACA : Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini Tanggapan Anies Baswedan

"Nama-nama anggota Pansus sudah masuk, kami akan rapat dahulu. Pansus seperti biasa ada 30 orang, PDIP paling banyak enam orang dan Golkar lima orang, saya salah satunya, " ujar Amali.

Politikus Partai Golkar itu menegaskan, pembentukan Pansus bisa dilakukan meski saat ini sudah memaski masa akhir jabatan anggota DPR periode 2014-2019.

Jika pekerjaan Pansus belum selesai pada 30 September 2019, tetap saja prosesnya akan dilaporkan kepada pimpinan DPR yang memberikan tugas kepada Pansus.

"Dan pimpinan DPR akan melaporkan kepada periode berikutnya dan itu bisa dilanjutkan. Batas akhir 30 September, selesai atau tidak selesai, kami harus laporkan kepada pimpinan DPR yang memberikan tugas kepada kami," tambah Amali.

Dia sendiri memperkirakan pembahasan RUU tersebut akan dilakukan DPR RI periode 2019-2024.

AYO BACA : Ini Pasal-pasal Krusial yang Disarankan Masuk RUU Ibu Kota Negara

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar