>

Tips Founder Titik Temu Coffee Majukan Ekonomi Masyarakat Digital

  Kamis, 19 September 2019   Aprilia Rahapit
Diskusi FGD Youth Talk/Ayojakarta.com

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Kolaborasi dan memanfaatkan kecerdasan buatan menjadi hal penting memajukan ekonomi masyarakat berbasis digital. 

Hal tersebut disampaikan Founder Titik Temu Coffee Ache Harahap dalam Focus Group Discussion Youth Talk bertema Peran Pemuda 'dalam Menyikapi Ekonomi Kemasyarakatan Berbasis Dunia Digital' di Kantor Kosgoro, Kebayoran Lama, Kamis (19/9/2019).

''Kalau bisnis saya sih sebetulnya adalah kecerdasan buatan. Kita ingin memanfaatkan daripada industri 4.0 ini,'' kata Ache. 

Menurutnya, seiring perkembangan zaman, kolaborasi juga menjadi salah satu kunci agar ekonomi kerakyatan mampu berkembang. Salah satu contoh adalah perkembangan bisnis jasa transportasi Blue Bird. 

''Ingat kasus Blue Bird di Indonesia, dia selalu berkolaborasi, semuanya dia kolaborasi. Jadi yang selalu bertahan itu bukan yang paling kuat melainkan yang selalu inovatif karena yang paling abadi itu adalah perubahan,'' tutur Ache. 

Termasuk juga strategi marketing dengan memanfaatkan para vlogger dan blogger sebagai bentuk ide kreatif dalam menjalankan ekonomi kerakyatan berbasis digital.

''Menurut saya sekarang itu harus ada jurusan untuk vlogger blogger. Karena vlogger dan blogger itu bukan gampang, itu adalah multi-multi disiplin cara buat konten bagaimana, cara bicara bagaimana itu semua jadi satu,'' papar Ache. 

Oleh karenanya, pemuda harus memanfaat digitalisasi dengan terus berpikir keras dan jangan inferior. Hal itu terbukti dengan keberadaan start up terkemuka asal Indonesia yang hadir setelah kemerdekaan selama 74 tahun. 

''Intinya sekarang selama 70 tahun lebih Indonesia merdeka sekarang sudah ada Gojek, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia. Bukalapak itu terbesar, bahkan di Thailand, Filipina, Malaysia kalah. Jadi itu berkat usaha semua,'' jelas Ache.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar