>

Polisi Sebut Mahasiswa Hendak Kuasai Gedung DPR RI

  Rabu, 25 September 2019   Editor
Polisi yang berjaga di depan Gedung DPR RI, saat demonstrasi mahasiswa, Selasa (24/9/2019)/Ayojakarta.com

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Pihak kepolisian menyebut, ribuan mahasiswa yang menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR RI, Senayan, Selasa (24/9/2019) kemarin hendak menguasai dan menduduki gedung dewan tersebut. 

Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, niat tersebut terlihat saat mahasiswa mulai merusak pagar gedung DPR RI dan melempar polisi yang berjaga sembari meneriakkan yel-yel.  

''Pada saat pukul 16.05 WIB mereka menyampaikan yel-yel untuk masuk ke dalam. Anggota kita yang berada di depan pagar sudai mulai didorong dan dilempari baik itu menggunakan botol air mineral maupun dengan batu. Sedangkan yang di samping kanan itu sudah mulai merusak pagar daripada DPR, karena apa? karena tujuannya untuk masuk ke dalam DPR dan ingin menguasai DPR," kata Gatot, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (25/9/2019). 

Niat mahasiswa tersebut merupakan buntut kekecawaan lantaran tak bisa menemui Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo guna menyampaikan aspirasi mereka.

Gatot menyebut, pihak kepolisian sebenarnya sudah memediasi hal itu. Pimpinan DPR pun, kata dia, mengaku siap menerima. Namun, mahasiswa meminta Bambang Soesatyo menemui mereka di tengah kerumunan massa.

Lantaran permintaan tersebut tak dipenuhi, lanjut Gatot, mahasiswa menyampaikan mereka tak bertanggung jawab jika ada suatu hal tak diinginkan terjadi. Sehingga tak lama kemudian akhirnya polisi terpaksa membubarkan mahasiswa menggunakan water cannon dan gas air mata karena sudah mulai membobol pagar DPR/MPR.

''Tetapi, dari adik-adik mahasiswa menghendaki Ketua DPR dan pimpinannya untuk datang di tengah-tengah adik-adik mahasiswa yang sedang melaksanakan unras. Tentu saja ini tidak bisa dengan melihat berbagai faktor tentunya,'' pungkasnya.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar