KA Bandara Pindah ke Manggarai, Begini Respons Warga Bekasi

  Minggu, 06 Oktober 2019   Firda Puri Agustine
Kereta Bandara/Grid.id

BEKASI SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Kereta Api (KA) Bandara kini tak lagi beroperasi dari Stasiun Bekasi Kota. Perjalanan kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta itu resmi berpusat dari Stasiun Manggarai. Lalu, bagaimana respons penumpang dari Bekasi?

Salehi (36), mengaku tidak terganggu dengan pemindahan opeasional KA Bandara tersebut. Dia menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah dan PT Railink, anak usaha PT Kereta Api Indonesia, itu untuk meningkatkan minat penumpang KA Bandara.

"Nggak masalah sih ya daripada nggak ada penumpangnya juga dari Bekasi. Lebih baik memang dipindahkan ke Manggarai yang penumpangnya lebih ramai dari mana-mana," katanya kepada Ayobekasi, Minggu (6/10/2019).

Pria yang berprofesi sebagai karyawan swasta ini mengaku baru sekali menjajal KA Bandara dari Bekasi pada November 2018. Menurutnya, layanan tersebut justru menjadi tidak efektif karena memakan waktu perjalanan yang lama dari Bekasi.

"Mungkin di Bekasi lebih cocoknya kereta wisata yang diadain. Kalau KA Bandara dulu sih jadwalnya sedikit banget dari Bekasi, dan malah lebih lama dibanding naik bus Damri," ujarnya.

Hal senada dikatakan Raysa (26). Pegawai swasta yang tinggal di Perumnas 3, Bekasi Timur ini lebih senang menggunakan moda transportasi lain dibanding KA Bandara yang saat itu masih beroperasi dari Bekasi.

AYO BACA : Berhenti Beroperasi dari Bekasi, Ini Jadwal KA Bandara di Stasiun Manggarai

Bukan tarif yang dipersoalkan, melainkan kerepotan membawa barang bagasi dan waktu tempuh panjang untuk sampai ke Bandara Soetta. Apalagi, ia mengaku sering boarding pesawat di menit-menit terakhir.

"Aku tipikal orang yang serba buru-buru. Lelet gitu kalau apa-apa. Jadi, lebih baik naik taksi atau Grabcar atau Gocar-lah daripada risiko telat naik KA Bandara dari Bekasi. Udah gitu jadwalnya juga belum tentu pas sama flight kita," kata Raysa.

Sebagai informasi, perjalanan KA Bandara dari Manggarai dalam satu hari bisa melayani sebanyak 34 perjalanan mulai pukul 05.10 WIB, dalam waktu tempuh sekitar 57 menit.

Jadwal perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai dimulai pada pukul 05.10 WIB dan kereta terakhir pukul 21.40 WIB, dengan interval kereta selanjutnya 30 menit sekali. Sementara dari Bandara Soetta menuju Manggarai, juga dengan interval sama, kereta pertama tersedia pukul 06.20 WIB dan kereta terakhir pada pukul 23.20 WIB.

Adapun tarifnya saat ini hingga 31 Oktober 2019, PT Railink memberikan harga promo sebesar Rp 40.000. Ada pula promo tiket yang bisa didapatkan secara gratis untuk 100 penumpang pertama. Untuk harga tiket pasca promo, masih dalam tahap penentuan.

Kereta ini melayani dan berhenti di lima stasiun yaitu mulai Stasiun Manggarai, BNI City, Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno Hatta.

 

AYO BACA : Dengan Argo Parahyangan Excellence, Jakarta-Bandung Kurang dari 3 Jam

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar