501st Legion, Komunitas Star Wars yang Diakui Lucas Film

  Senin, 14 Oktober 2019   Istihanah Soejoethi
Ricky Sucitra (tengah) bersama para anggota 501st Legion Garuda Garrison Indonesia di Jakarta/Ayojakarta.com

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTAM.COM -- Saat menonton Star Wars di bioskop, pasti pernah melihat sekolompok orang yang hadir menggunakan kostum yang sama dengan beberapa karakter di film tersebut. 

Kemungkinan besar mereka adalah anggota dari 501st Legion Garuda Garrison Indonesia. Sebuah komunitas kostum Star Wars yang sudah mendapat pengakuan dari perusahaan film pencipta Star Wars, Lucasfilm Limited.

"501st Legion Indonesia adalah sebuah komunitas kostum Star Wars yang sudah diakui oleh Lucas Film dan Disney," ujar Public Relation Officer Garrison Indonesia, Ricky Sucitra, ditemui di JCC Senayan, Sabtu lalu (12/10/2019).

Komunitas yang berdiri pada 1997 ini sekarang sudah memiliki lebih dari 14 ribu anggota yang tersebar di 61 negara. 

"Kami ada di 61 negara, pusatnya di Amerika dan di-establish pada 1997. Saat ini sudah ada lebih dari 14 ribu anggota di seluruh dunia dan di Indonesia baru ada 39 orang," tutur Ricky. 

Jumlah anggota di Indonesia memang tidak telalu banyak karena ada syarat yang harus dipenuhi untuk masuk di komunitas ini. 

"Cara masuknya ada dua syarat. Pertama harus berusia 18 tahun ke atas, dan kedua harus memiliki kostum profesionalnya Star Wars. Jadi kami punya guidlines dan reference untuk diikuti. Namanya costume reference library atau CRL," terang Ricky. 

Bukan cuma wadah berkumpul para pencinta film karya George Lucas itu. 501st Legion Garuda Garrison Indonesia juga kerap mengadakan kegiatan amal yang bekerjasama dengen beberapa yayasan. 

"Kegiatan kami lebih ke fundraising and charity work. Kostum ini kan ada hak intelektualnya Star Wars dan Lucas Film, sehingga kami tidak boleh memakai kostum ini untuk mendatangkan profit. Kami gandeng beberapa foundation untuk menyalurkan uang yang sudah kami kumpulkan, kami tidak boleh terima bayaran," jelasnya. 

501st Legion Garuda Garrison juga selalu hadir dalam berbagai pameran komunitas dan acara terkait promosi film Star Wars itu sendiri. 

"Kami biasanya ikut acara pameran, kami juga membantu Star Wars untuk mempromosikan filmnya. Seperti nanti Desember, ada film baru kami datang ke bioskop, di mal, buat promosi filmnya," tutur Ricky. 

Dengan optimis Ricky menjelaskan, 501st Legion Garuda Garrison Indonesia akan semakin gencar memperkenalkan komunitasnya agar lebih dikenal masyarakat, khususnya di Indonsia. 

"Kami ingin memperbanyak anggota biar bisa memberikan dampak terhadap komunitas yang ada, sehingga kami bisa memberi fundraising charity kepada partner-partner kami. Kami juga ingin mempromosikan Star Wars ke banyak orang lagi," ucap Ricky.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar