Belum Siap, LRT Jabodebek Jangan Buru-buru Dioperasikan

  Senin, 14 Oktober 2019   Firda Puri Agustine
Pembangunan lintasan LRT Jabodebek di Jakarta Timur/Antara

BEKASI, AYOJAKARTA.COM -- Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menilai Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) lintas pelayanan Harjamukti (Cibubur)-Cawang belum siap beroperasi.

Pengoperasian seharusnya tidak dipercepat atas dasar desakan publik melainkan karena terpenuhinya kesiapan dari sisi kelayakan teknis, operasional, fasilitas, standar keselamatan dan keamanan, dan kesiapan sumber daya manusia (SDM).

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyaratakatan MTI Djoko Setijowarno mengatakan, keselamatan transportasi tidak boleh diabaikan hanya untuk memenuhi hasrat kepentingan sesaat.

''Oleh sebab itu, supaya nantinya benar-benar siap operasi, tidak perlu terburu-buru mengoperasikan LRT Jabodebek. Sebelum siap semuanya,'' kata Djoko dalam keterangannya, Senin (14/10/2019).

Djoko menjelaskan, LRT Jabodebek yang beroperasi untuk rute Harjamukti-Cawang sepanjang 14,95 kilometer memang sudah selesai pembangunan konstruksi lintasan. Namun belum dilengkapi dengan fasilitas sinyal, telekomunikasi dan listrik.

Ditambah lagi pekerjaan bangunan stasiun belum mencapai 50 persen. Selain itu, jalan akses menuju stasiun, fasilitas transportasi umum lanjutan dan lahan parkir belum tampak sama sekali.

''Adalah wajar jika target beroperasi keseluruhan di tahun 2021,'' kata Djoko yang juga akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata  

Rencana jaringan LRT Jabodebek sepanjang 82,93 kilometer terbagi dua fase pembangunan. Fase pertama 44,43 kilometer dengan melayani 19 stasiun terbagi dalam tiga lintas pelayanan yaitu lintas pelayanan satu antara Cawang-Harjamukti 14,89 kilometer dengan empat stasiun dan lintas pelayanan dua antara Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 11,05 kilometer dengan 9 stasiun.

Adapun lintas pelayanan tiga antara Cawang-Jatimulya (Bekasi Timur) 18,49 kilometer dengan enam stasiun. Untuk fase kedua sepanjang 38,5 kilometer terbagi tiga lintas pelayanan yaitu Palmerah-Senayan 7,8 kilometer, Cibubur-Bogor 25,0 kilometer dan lintas Palmerah-Grogol 5,7 kilometer.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar