Pengalaman Unik Chef Yuda Bustara Sajikan Telur Asin di India

  Selasa, 15 Oktober 2019   Istihanah Soejoethi
Yuda Bustara/Ayojakarta.com

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM --  Yuda Bustara saat ini tengah sibuk mengemban tugas dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sebagai food diplomat. 

Tugas utama chef muda lulusan Taylor’s College dan Universite Le Mirail School of Hospitality & Tourism, Malaysia ini adalah mempromosikan kuliner Indonesia ke mancanegara.
 
"Aku kan culinary diplomat untuk Indonesia. Jadi aku masakin ke berbagai event KBRI di negara-negara lain," ujar Yuda saat ditemui usai acara Dapur Lazada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

Banyak pengalaman unik didapatnya saat berkeliling ke beberapa negara. Salah satunya di India. Di negeri Taj Mahal itu ia menyajikan kuliner khas Jawa Timur, rawon lengkap dengan telur asinnya. 

Tampilan telur asin yang berwarna hijau dan asin ternyata menarik perhatian masyarakat India. Bahkan, tak sedikit warga yang hadir secara diam-diam mengambil makanan yang dibuatnya itu untuk dibawa pulang.

"Kayak kemarin aku ke India dan masak rawon. Inget orang India tuh enggak pernah makan telor asin karena hanya ada di Indonesia. Jadi pada saat dia ngeliat telor warna ijo dan rasanya asin itu dicolong masukin kantong," tuturnya.

Situasi ini sempat membuat diplomat dari KBRI terheran-heran dan bertanya. "Terus diplomat Indonesia "kayak yang itu ngapain diambilin?" terus aku jawab karena mereka suka banget sama telur asin," lanjut Yuda.

Menurut Yuda, kuliner Minang atau dikenal masakan Padang ternyata paling disukai orang asing. 

"Masakan Padang itu selalu jadi favorit di setiap eventnya KBRI, apalagi rendang," ucapnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar