>

Ketika Jokowi Membayangkan Wujud Ibu Kota Negara yang Baru

  Kamis, 07 November 2019   Aldi Gultom
Presiden Jokowi/Antara

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Presiden Jokowi kembali berbicara tentang rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Kali ini, ia mengutarakan bayangannya tentang Ibu Kota RI yang baru.

Lewat media sosial Instagram dan Twitter miliknya, Jokowi mengungkapkan lagi bahwa pemerintah sudah menyiapkan sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara.

AYO BACA : Pendapat Kampus, Budayawan Hingga Milenial Memperkaya Konsep Ibu Kota Baru

"Untuk itu, kita membuka seluas-luasnya kesempatan bagi seluruh pihak menyampaikan pandangan dan gagasannya agar visi ibu kota baru dapat diwujudkan," tulis Jokowi dalam status Instagram yang diupload beberapa menit lalu.

Menurut Jokowi, ibu kota baru harus mampu menampilkan diri sebagai kota masa depan, tempat para talenta lokal dan global mau datang untuk berkolaborasi dan menghasilkan kemajuan. 

AYO BACA : 80 Peserta Sayembara Gagasan Desain IKN Ikut Survei Lapangan Ibu Kota Baru

"Kota itu harus memberikan kualitas hidup tertinggi bagi para penghuninya," lanjutnya.

Soal wujud ibu kota negara yang baru, menurut Jokowi adalah sebuah kota yang bebas emisi, menggunakan transportasi publik yang bebas emisi. Selain itu, kota yang menggembirakan.

"Dalam bayangan saya, sebuah kota masa depan yang bebas emisi, termasuk transportasi publiknya. Kota yang dinamis dan menggembirakan. Masyarakatnya majemuk, terbuka, toleran, dan hidup bergotong royong," tutup Jokowi.

AYO BACA : Jokowi Ditantang Bangun Ibu Kota Baru Tanpa Merusak Lingkungan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar