Wali Kota Rustam Minta FKMD Waspadai Potensi Bencana

  Kamis, 07 November 2019   Editor
Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi/Detak.co

JAKARTA BARAT, AYOJAKARTA.COM -- Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) diminta dapat mewaspadai potensi bencana selama musim penghujan. Termasuk bisa memberikan informasi tentang saluran-saluran air yang tersumbat.

''Saya minta FKDM membantu pemerintah dalam penanganan bencana. FKDM bisa memberikan informasi tentang saluran-saluran air yang mampet, laporkan kepada lurahnya,'' kata Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi dalam komunikasi sosial FKDM se-Jakbar dalam rangka Bina Teritorial Terpadu Kodim 0503/JB di Kantor Wali Kota Jakbar, Kamis (7/11/2019).

Bencana lain yang kerap terjadi di wilayah Jakbar adalah kebakaran. Wali Kota Rustam meminta FKDM juga peka terhadap situasi tersebut. 

''Banyaknya bencana kebakaran diduga disebabkan korsleting listrik. Faktor penyebabnya karena pemasangan dan penggunaan instalasi listrik yang tidak sesuai standar. FKDM diminta peka dengan kondisi dan situasi itu. Bisa memberikan informasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat cara memasang instalasi listrik yang benar,'' jelasnya.

Hal serupa disampaikan Kepala Suban Kesbangpol Jakbar Muh. Matsani. FKDM menjadi mata dan telinga pemerintah dalam rangka mengantisipasi terhadap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. FKDM mampu mendeteksi dan mencegah secara dini, termasuk kemungkinan timbulnya potensi bencana. 

''Fungsi FKDM itu mendeteksi dan cegah secara dini, termasuk bencana. Bencana itu mungkin yang berkaitan dengan perkiraan turunnya hujan, genangan-genangan dan saluran mampet untuk memberikan informasi secara berjenjang,'' jelasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar