Kali BKT Berbusa, Ternyata Ini Penyebabnya

  Kamis, 07 November 2019   Aprilia Rahapit
Lautan busa menutupi Kali BKT pada Kamis pagi (7/11/2019)/[email protected]

JAKARTA TIMUR, AYOJAKARTA.COM -- Pintu Air Ujung Menteng Kali Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta Timur ditutupi lautan busa tebal pada Kamis pagi (7/11/2019).

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan, air kali yang berbusa disebabkan limbah deterjen dari permukiman di sekitar kali.

''Itu sebenarnya kejadiannya kalau pintu air dibuka jadi turbulance sedikit kan akhirnya busanya naik. Nah busa itu dari deterjen yang dipakai masyarakat di sekitar situ,'' jelasnya saat dihubungi Ayojakarta. 

Selain dari limbah rumah tangga, busa deterjen juga datang dari tempat pencucian kendaraan yang ada di sepanjang pinggir kali.

Sejumlah langkah pun tengah dilakukan Dinas LH DKI, salah satunya dengan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal.

''Kita sudah melakukan pengawasan, sosialisasi juga ke pelaku-pelaku usaha itu. Nah jangka panjangnya nanti kita bikin IPAL-IPAL komunal. Jadi air pembuangan dari rumah kita olah di IPAL, ketika sudah memenuhi baru dibuang ke badan air BKT,'' papar Yogi.

Pembangunan IPAL komunal tidak harus selalu di pinggiran kali. Melainkan juga di permukiman warga yang menjadi hub dari saluran-saluran pembuangan limbah.

Selain itu, bersama dengan Dinas Sumber Daya Air DKI juga sudah membangun sejumlah kali. Seperti halnya Kali Item yang akhir tahun ini ditargetkan selesai. 

''Harapannya yang dibuang ke kali atau badan air lainnya itu nanti melalui pengolahan. Instalasi pengolahan air limbah,'' kata Yogi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar