Kesepakatan Prabowo-PKS dan Tiga Opsi Kursi Wagub DKI

  Minggu, 10 November 2019   Aprilia Rahapit
Ilustrasi/Dara.co.id

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Nama Ahmad Riza Patria masuk dalam usulan empat nama calon pendamping Anies Baswedan mengelola DKI Jakarta. Tiga nama lainnya yakni Arnes Lukman, Ferry Juliantono, dan Saefullah.

Riza Patria mengatakan, apa yang diusulkan Partai Gerindra tersebut harus tetap menunggu persetujuan PKS. Sebelumnya, PKS dan Gerindra sepakat mengusulkan Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Menurut Riza Patria, ada kesepakatan antara Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan PKS untuk segera mengisi kekosongan kursi wakil gubernur yang ditinggalkan Sandiaga Uno itu. Dari kesepakatan itu, muncul nama Ahmad Syaikhu dan Agung yulianto.

"Namun DPRD hingga kini yang sudah setahun lebih, tidak kunjung selesai proses pansusnya dan juga proses pemilihannya, informasi yang kami terima dari teman-teman DPR, masih ada komunikasi yang perlu disempurnakan," ungkap Riza saat dihubungi, Minggu (10/11/2019).

Melihat hal itu, kata Riza, kembali timbul tiga opsi. Yakni, meneruskan usulan pertama, mencalonkan Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto atau tetap membiarkan kursi wagub DKI kosong hingga tiga tahun ke depan. Dan pilihan ketiga, kedua partai mengusulkan dua nama baru untuk alternatif.

AYO BACA : Usulkan Kandidat Wagub DKI, Syaikhu Sesalkan Manuver Politik Gerindra

"Kemudian, Partai Gerindra menginisiasi, kalau pilihan ketiga dimungkinkan, Partai Gerindra mengusulkan empat nama. Silakan siapa dari empat nama ini yang bisa disepakati PKS," imbuhnya.

Namun, lanjut Riza, nama yang diusulkan PKS juga harus terlebih dahulu disepakati Gerindra.

"Bisa saja Adhyaksa Daud juga pernah dapat rekomendasi dari PKS, atau nama lain," ucapnya.

Riza menegaskan, dari empat nama yang diusulkan Gerindra tetap mengacu kepada kearifan dan kebijakan PKS.

"Gerindra mencoba mencarikan solusi atas belum juga berlanjutnya pemilihan wagub karena beban Pak Anies diukur sangat berat, mungkin setiap hari terima undangan puluhan atau ratusan dari tamu, atau kegiatan lainnya, kalau ada wakil gubernur itu akan membantu, Pak Anies sudah menunggu," pungkasnya.

AYO BACA : Usulkan Kandidat Wagub DKI, Syaikhu Sesalkan Manuver Politik Gerindra

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar