Netizen Puji Cara Gubernur Anies Tanggapi Karikatur Majalah Tempo

  Senin, 11 November 2019   Aldi Gultom

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Karikatur halaman muka Majalah Tempo memang kerap bikin gempar. 

Rasanya baru kemarin Tempo bikin heboh lewat karikatur Presiden Jokowi dengan bayangannya berhidung panjang (hidung Pinokio), kini Gubernur DKI, Anies Baswedan yang jadi "korban". 

Dalam cover edisi yang terbit hari ini, ada karikatur Anies yang tampak susah payah berusaha keluar dari kaleng Lem Aibon. Ini pasti berkaitan dengan ribut-ribut anggaran pembelian lem Aibon sebesar Rp 82,8 miliar dalam perencanaan anggaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Sementara tulisan di kaleng Lem Aibon berbunyi, "Aib Anggaran Anies, Rancangan Bujet DKI Jakarta Bertabur Proyek Janggal. Gubernur Anies Baswedan ditengarai bakal bagi-bagi dana hibah buat pendukungnya". 

Bila karikatur Jokowi-Pinokio ditanggapi panas oleh para pendukung penguasa, lain cara Anies menanggapi karikatur Tempo. Lewat akun Twitter miliknya (@aniesbaswedan), Anies malah berterimakasih dan memuji Tempo.

"Terima kasih Tempo telah jalankan tugasnya sbg pilar keempat demokrasi. Semoga perbaikan sistem yg sdg berjalan bisa segera kami tuntaskan. Terus awasi kami yg sdg bertugas di pemerintahan...Karikaturnya boleh juga. Kalau tidak begitu bukan Tempo namanya," tulis Anies.

Respons Anies itu mendapat apresiasi banyak pengguna Twitter. Walau tentu banyak juga yang memanfaatkan momen untuk mencela Anies. 

"25 tahun lalu, saat jadi pemimpin mahasiswa, dia berjuang utk kebebasan pers. Kini, saat jadi pemimpin pemerintahan, dia konsisten hormati kebebasan pers. Menjadi demokrat sejati itu dibuktikan dng rekam jejak!" tulis akun twitter @qusyhasan.

Ada pula yang menganggap respons Anies itu wajar.

"Biasa saja. Sebagai tokoh publik, dia harus tulis seperti itu. Jokowi dan Prabowo diperlakukan sama oleh Tempo tapi mereka diam. Tak melakukan reaksi apapun. Dari sini harusnya paham," cuit @eae18.

"Tanggapan luar biasa! Menunjukkan kematangan seorang Anies Baswedan sbg pemimpin dalam menyikapi kritik. Ini sungguh pembelajaran berharga bagi setiap pemimpin dan juga kpd pendukung untuk tdk reaktif-ofensif terhadap kritik." tulis @amru_ms.

Kemudian, ada yang mengkritik. 

"Ketika anggaran kacau, hanya ada  2  kemungkinan  = 1. memang mau niat maling 2. TIDAK BECUS KERJA. Bapak yang mana? mohon pencerahan." kicau @wondo_shati.

Sampai saat berita ini dilaporkan, tanggapan Anies terhadap Tempo itu mendapat 10.300 Retweets dan 28.500 Likes dari netizen. 

Bahkan Pemred Majalah Tempo, Arif Zulkifli, membalas pujian Anies dengan kalimat singkat disertai emosikon orang tertawa. 

"Sama sama pak gub !" tulis Arif Zulkifli.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar