Pengamat: Sekda Saefullah Bisa Saja Pemanis untuk Gerindra

  Senin, 11 November 2019   Dhika Alam Noor
Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah/Liputan6.com

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Partai Gerindra mengajukan empat nama untuk mengisi jabatan calon wakil gubernur DKI Jakarta yang ditinggalkan Sandiaga Uno.

Keempat nama itu adalah Penasehat DPP Gerindra, Arnes Lukman, Wakil Ketum Gerindra, Ferry Julaintono, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria, dan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah.

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menganalisa Partai Gerindra bakal lebih mengutamakan kadernya.

"Sekda DKI itu bisa pemanis atau bisa juga serius didukung Gerindra. Karena bagaimanapun partai politik akan mengutamakan kadernya dan yang tiga itu kader Gerindra. Jadi secara psikologi ya akan menjadikan kadernya," ujarnya kepada Ayojakarta saat dihubungi, Senin (11/11/2019).

Empat nama yang diajukan Gerindra tersebut tentunya harus mendapat persetujuan juga dari PKS. Untuk itulah dimasukkan nama Saefullah dalam daftar cawagub yang diajukan Gerindra.

"Nah jika kedua belah pihak (Gerindra dan PKS) tidak sepakat dengan kadernya masing-masing maka bisa saja Sekda DKI yang akan muncul karena lebih netral," jelas Ujang.

Ujang menekankan, dalam hal ini bukan soal Saefullah sebagai kandidat yang mumpuni.  

"Bukan soal mumpuni atau tidak dipolitik. Yang penting Sekda DKI bisa disetujui oleh Gerindra dan PKS," cetus Ujang.

Setahun lebih sudah jabatan wagub DKI lowong, per 10 Agustus 2018 saat Sandiaga Uno resmi memutuskan maju dalam mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar