DPRD Setujui Anggaran Rp 197 Miliar untuk Saringan Sampah

  Senin, 11 November 2019   Aprilia Rahapit
Rapat Komisi D DPRD DKI/Ayojakarta.com-Aprilia Rahapit

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengusulkan anggaran senilai Rp 197 miliar dalam APBD 2020 untuk pengadaan saringan sampah di sepanjang Kali Ciliwung yang masuk wilayah ibu kota.

Kepala Dinas LH DKI Andono Warih mengatakan, nilai usulan anggaran tersebut telah disetujui oleh Komisi D DPRD DKI.

''Secara keseluruhan komisi D sudah menyetujui apa yang kita usulkan program-programnya Dinas LH. Jadi hari ini hanya mengonfirmasi bahwa semuanya itu sudah disetujui,'' jelasnya di Gedung DPRD DKI, Senin (11/11/2019).

Usai disetujui, Dinas LH DKI diminta menjelaskan rencana detail pembangunan saringan sampah di Ciliwung. Secara konsep, saringan sampah akan dibangun dengan mempertimbangkan beberapa hal.

''Ya tentu secara desain detailnya itu kita dibantu itu untuk melihat desain. Tentu ini sudah mempertimbangkan kriteria desain yang advance tetapi sudah juga diadaptasi ke komisi lokal kita. Jadi kalau di Australia kayak gitu barangkali dengan aspek hidrologi yang sesuai dengan kondisi di sana ini butuh adjustment dan adaptasi dengan kondisi lokal di kita,'' papar Andono Warih.

Nantinya saringan sampah yang akan dibangun menekankan pencegahan sampah yang timbul dari hulu ke hilir. Seperti halnya ketika hujan sekian jam tiba di Pintu Air Manggarai sudah begitu banyak sekali sampah.

''Ke depan tentu tidak bisa dibiarkan seperti ini kita akan selesaikan ini lebih ke hulu supaya di hilir kan kita tahulah kalau sudah di sini kemacetan dan lain sebagainya dampaknya lebih ini. Jadi kriterianya ya itu akan menanggap sampah-sampah yang ukuran besar seperti sampah pada saat hujan bisa kita tahan lebih di hulu dari kota,'' jelas Andono Warih.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar