Kontingen untuk SEA Games 2019 Dikukuhkan, Menpora: Jangan Pikirkan di Luar Pertandingan!

  Rabu, 27 November 2019   Aldi Gultom
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. (Antara/Nova Wahyudi)

SENAYAN, AYOJAKARTA.COM -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengukuhkan Kontingen Indonesia yang bakal berlaga pada SEA Games 2019 Filipina.

Pengukuhan dilakukan di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Dalam pidatonya, Menpora meminta para atlet fokus bertanding meskipun banyak pemberitaan soal penyelenggaraan SEA Games Filipina yang kurang menyenangkan.

“Kepada para atlet, saya minta untuk berkonsentrasi dan fokus dalam pertandingan. Jangan berpikir yang di luar itu. Jangan jadikan berita-berita yang kurang baik menjadi beban untuk bertanding,” ujar Zainudin.

Ia pun berharap kemenangan pembuka yang telah diraih oleh tim nasional sepak bola Indonesia saat menang 2-0 atas Thailand (Selasa, 26/11/2019) dapat menjadi penyemangat dan energi positif. Tugas para atlet adalah melanjutkan tren positif tersebut.

Upacara pengukuhan juga dihadiri oleh Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari; Ketua KONI, Marciano Norman; perwakilan Menko PMK, I Nyoman Shuida; serta Ketua Kontingen untuk SEA Games, Harry Warganegara.

Atlet dari berbagai cabang olahraga serta ofisial hadir dalam agenda penting itu. Namun, tidak semua atlet dikukuhkan karena beberapa cabor seperti sepak bola, polo air, polo berkuda, dan floorball sudah berangkat lebih dulu ke Filipina.

Selanjutnya, upacara dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih dari Menpora Zainudin Amali kepada Raja Sapta Oktohari, dilanjutkan kepada Harry Warganegara.

Dua atlet berprestasi, Hanifan Yudani Kusuma (atlet putra pencak silat peraih medali emas Asian Games 2018) dan Defia Rosmaniar (atlet putri Taekwondo peraih medali emas Asian Games 2018) membacakan janji dan tekad atlet di hadapan Menpora.

Pada SEA Games 2019 Filipina, Indonesia akan turun di 51 dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan. Sebanyak 841 atlet akan memperkuat Merah Putih dalam pesta olahraga dua tahunan itu.

Setelah pengukuhan oleh Menpora, kontingen Indonesia dijadwalkan bertolak ke Istana Bogor untuk dilepas oleh Presiden Jokowi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar