Tanah Longsor di Cinere Depok, Tiga Orang Meninggal Dunia

  Rabu, 01 Januari 2020   Editor
Pertugas melakukan evakuasi korban meninggal yang rumahnya terkena longsor (Republika.co.id/Rusdy Nurdiansyah)

DEPOK, AYOJAKARTA.COM -- Hujan yang terus-menerus mengguyur Kota Depok, Jawa Barat sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) sore ini, menyebabkan banjir dan tanah longsor. Titik banjir terparah berada di Perumahan Pondok Duta dan Bukit Cengkeh Cimanggis dengan ketinggian air mencapai satu meter.

Selain kedua titik itu, banjir juga terjadi di Kompleks Marinir Rangkapan Jaya, Perumahan Cinere di Jalan Sakura. Lalu banjir juga terjadi di beberapa pemukiman di Pasir Putih Sawangan, pemukiman di Kampung Lio, pemukiman di Pitara, Perumahan Mampang dan Perumahan Jatijajar.

Banjir setinggi 20 centimeter hingga 40 centimeter juga melanda Jalan Arif Rahman Hakim (ARH), Jalan Sawangan depan Perumahan Maharaja, Jalan Pasar Kemiri Muka dan Jalan Kolong Jembatan Dipo. Selain banjir juga terjadi tanah lonsor di Perumahan Green Pitara, Tapos, Cinere, Krukut dan pemakaman di Pasir Putih.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok, Gandara Budiana, mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan ratusan petugas untuk membantu evakuasi dan mengatasi banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Kota Depok. "Tanah lonsor terjadi di Pasir Putih Sawangan, di Pangkalan Jati dan Krukut serta di Perumahan Green Pitara," ujar Gandara pada Rabu (1/1/2020).

Gandara mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi ada tiga korban bencana tanah longsor di kawasan Kelurahan Pangkalan Jati RT 08/01, Cinere, Kota Depok. "Ada tiga korban di dalam rumah yang tertimbun tanah longsor. Tiga korban berhasil di evakuasi dalam kondisi meninggal," terang Gandara.

Lebih detail, Gandara mengungkapkan, ada tiga orang yang ditemukan dalam kondisi meninggal yakni Amelia susanti (27), Lusinah (68) dan Nizam Saputra (8) serta empat orang selamat tertimbun tanah longsor yakni Deni Prabowo (23) yang mengalami patah kaki, Dayanti (50), Attar (1,5) dan Zema (3) yang mengalami luka-luka di kaki dan tangan. "Seluruh korban sudah di bawa RS Fatmawati Jakarta," terangnya.

Aparat kepolisian Polres Metro Depok yang Kapolres Depok, Kombes Azis Andriansyah, bersama anggota Kodim Depok yang dipimpin Kolonel Agus Isrok terjun langsung ke lokasi banjir dan tanah longsor di Cinere. "Kami belum mendapat laporan jumlah korban banjir dan tanah longsor keseluruhan di Kota Depok. Untuk laporan sementara ada tiga korban meninggal akibat tanah longsor di Cinere," pungkas Kapolres Depok, Kombes Azis Andriansyah.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar