Verifikasi Faktual, Dewan Pers Yakin SMSI DKI Jakarta Didukung Banyak Pihak

  Kamis, 13 Februari 2020   Widya Victoria
Tim Verifikasi Dewan Pers foto bersama kepengurusan SMSI DKI Jakarta

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mendata sejak dua tahun lalu total 473 media siber yang bergabung sebagai anggota.

Ratusan media siber ini tersebar di 30 provinsi, termasuk tiga kepengurusan baru yang dideklarasikan saat Hari Pers Nasional 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ketiga kepengurusan baru tersebut yaitu Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, dan Yogyakarta.

“Jadi saat ini SMSI sudah hadir di 30 provinsi,” ujar Ketua Umum SMSI Firdaus yang didampingi Sekretaris Jenderal SMSI Pusat, Mohammad Untung di kantor pusat SMSI, Jalan Veteran II No. 7, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Firdaus berharap para pengurus SMSI Provinsi bisa memantapkan kepengurusan di seluruh kabupaten/kota di daerah masing-masing.

Sementara itu di kantor SMSI DKI Jakarta, Jalan Veteran II/7C, Jakpus, dilakukan verifikasi faktual oleh Tim Verifikasi Dewan Pers yang terdiri dari Asep Setiawan, Derita Sitorus (Sekretaris), dan Fajar (staf).

Verifikasi faktual terhadap kepengurusan SMSI DKI Jakarta ini meliputi keanggotaan, kepengurusan, program kerja, dokumentasi administrasi, dan pengelolaan informasi keseluruh anggota.

Asep pun mendorong pengurus agar lebih memperbanyak program pendidikan, penyelenggaraan workshop juga pelatihan-pelatihan untuk mendidik para anggota dan masyarakat tentang content knowledge serta studi banding ke media-media yang lebih kekinian.

Ia yakin SMSI DKI Jakarta akan didukung oleh banyak pihak karena banyak perusahaan besar media menjadi anggotanya. Asep sekaligus mengajak ribuan perusahaan media siber yang ada di Jakarta khususnya, untuk bergabung di SMSI.

Menurut Asep hal itu penting agar pelaku media siber di wilayah Ibu Kota lebih terdata dengan baik, bertanggung jawab serta mendapat perlindungan dan bisa menerapkan good journalism.

Ketua SMSI DKI Jakarta, Nandi Nanti menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Tim Verifikasi Dewan Pers yang telah hadir untuk verifikasi faktual kepengurusannya.

“Harapan saya, ke depan tidak ada lagi perusahaan yang eksklusif karena saat ini eranya kolaborasi bersama untuk membesarkan perusahaan media online melalui wadah SMSI,” ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar