>

Ini Klarifikasi AEON Mall JGC Soal Tuduhan Biang Kerok Banjir

  Sabtu, 29 Februari 2020   Aldi Gultom
Bianglala J-Sky Ferris Wheel di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, setinggi 69 meter, merupakan bianglala tertinggi di Indonesia dan yang pertama berkonsep lifestyle. (IDN Times/Hasna Budi)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pihak manajemen AEON Mall Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur, membantah melanggar izin dan prosedur pembangunan pusat perbelanjaan yang diatur pemerintah.

Selasa lalu, massa warga Cakung Timur merusak sejumlah fasilitas di AEON Mall karena menuding mal tersebut sebagai biang kerok banjir di permukiman sekitar, Selasa (25/2/2020). 

General Manager AEON Mall Jakarta Garden City, Sri Prayogio, menegaskan, pusat perbelanjaan asal Jepang itu berbeda dengan kawasan hunian JGC. Keduanya merupakan entitas berbeda.

"Kami menegaskan bahwa AEON Mall JGC dan Kawasan Hunian JGC adalah dua entitas yang berbeda. AM JGC merupakan salah satu penghuni di Kawasan Hunian JGC," kata Sri Prayogio dalam keterangan tertulisnya.

Prayogio menekankan bahwa pihaknya pun telah memenuhi tanggung jawab sebagai pengembang, sudah melengkapi persyaratan izin usaha dan izin pembangunan kepada pemerintah.

"Sebagai pengembang pusat perbelanjaan, AM JGC sudah melengkapi segala persyaratan izin usahanya dan persyaratan pembangunan kepada pemerintah Indonesia, yang termasuk di dalamnya adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Amdal, dan laporan rutin tahunan," tegas Prayogio.

Polisi sendiri telah menetapkan 8 orang sebagai tersangka karena terbukti merusak fasilitas AEON Mall Jakarta Garden City. Bahkan, 6 orang di antaranya merupakan anak di bawah umur.

Delapan tersangka itu berinisial AW, SA, HR, AB, IF, DA, AAS, dan FAS. Mereka memiliki peran berbeda-beda. Ada yang mendorong dan merusak pagar mal, melempari mal dengan batu, kayu, serta memecahkan dinding-dinding dan kaca-kaca jendela.

Delapan tersangka itu dikenakan Pasal 170, Pasal 160, dan Pasal 406 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas 5 tahun.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar