>

Danlantamal III Ikut Evakuasi 69 WNI ABK Diamond Princess di PLTU Indramayu

  Senin, 02 Maret 2020   Widya Victoria
Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Hermanto bersama Menteri PMK, Kepala BNPB, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Kas Kogabwilhan 1, Pangkoarmada 1, Danlantamal III, Danlanal Cirebon dan Wadirut PLN serta pegawai Kementerian Luar Negeri. (Dispen Lantamal III)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Hermanto ikut mengawal evakuasi 69 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal Diamond Princess yang akan diberangkatkan dengan KRI Suharso -990 dari Dermaga Pelabuhan PLTU Indramayu ke Pulau Sebaru Kecil Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Senin (2/3/2020).

Kadispen Lantamal III, Aripudin menyebutkan, puluhan WNI itu terdiri dari 67 pria dan dua wanita serta didampingi 11 kru pesawat Garuda Indonesia dan 12 orang dari tim medis berangkat dari bandara Haneda, Jepang dan mendarat di Bandara Kertajati, Majalengka.

Selanjutnya para WNI itu akan dikarantina untuk menjalani observasi selama 28 hari ke depan. Aripudin menegaskan, selama perjalanan dari Jepang ke Indonesia, mereka dikawal ketat langsung dari Tim Kemenkes, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta oleh TNI.

"Perlu diketahui bahwa sebelum kedatangan 69 WNI ini, telah dilaksanakan briefing rencana pengamanan yang dihadiri Kaskogabwilhan dan Danlantamal III untuk menjelaskan prosedur pelaksanaan kegiatan evakuasi secara mendetail kepada pihak-pihak terkait yang hadir maupun ikut dalam kegiatan tersebut," jelasnya. 

Selain itu juga dilaksanakan peninjauan dan survei dermaga serta kesiapan pelabuhan mulai dari pintu masuk sampai ke KRI Suharso-990. 

Adapun para pejabat yang survei di antaranya Menteri PMK, Kepala BNPB, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Kas Kogabwilhan 1, Pangkoarmada 1, Danlantamal III, Danlanal Cirebon dan Wadirut PLN serta pegawai Kementerian Luar Negeri.

"Danlantamal III beserta jajarannya melaksanakan kegiatan evakuasi dibantu dari prajurit Lanal Cirebon, Kopaska Koarmada1, Yonmarhanlan III, dari mulai persiapan kedatangan hingga ke berangkatan KRI Suharso-990 keesokan harinya," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar