>

Orang Jakarta Panik Belanja, Pegawai Bilang Situasi Genting

  Selasa, 03 Maret 2020   Hendy Dinata
Suasana pusat perbelanjaan di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, pada Selasa (3/3/2020) siang. (Ayojakarta.com/Hendy Dinata)

JAKARTA TIMUR, AYOJAKARTA.COM -- Tak lama setelah pemerintah mengkonfirmasi kasus pertama virus Corona COVID-19 ada di Depok, Jawa Barat, kepanikan seolah melanda ibu kota negara.

Situasi tak biasa paling kentara di pusat-pusat perbelanjaan Jakarta. 

Sejumlah pegawai pusat perbelanjaan yang diwawancara Ayojakarta mengakui bahwa lonjakan pembeli dapat dilihat kasatmata. 

Kebanyakan mereka datang untuk membeli masker, bahan-bahan pokok dan barang kebutuhan sehari-hari.

AYO BACA : Dirut Bulog: Jangan Panic Buying, Stok Beras Aman

"Sejak pagi banyak yang datang membeli kebutuhan sehari-hari, tapi banyak juga yang cari masker dan vitamin," ungkap Ari (26), seorang pegawai pusat perbelanjaan di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur.

Bahkan gelombang pembeli disebutnya sudah ramai tak seperti biasanya sejak kemarin malam. Rata-rata pengunjung memborong beras, minyak, mi instan, nugget, dan makanan instan lainnya.

"Beberapa stok barang kami mulai menipis karena diborong pembeli," tambah Ari.

Meski terjadi lonjakan pembeli dan stok barang mulai menipis, ia yakin stok baru akan datang setiap harinya. Ia juga meyakini bahwa situasi Jakarta sedang genting.

AYO BACA : Panic Buying, Harga Hand Sanitizer Melonjak Berlipat-lipat

"Kami biasanya nyetok hampir setiap hari. Kalau hari ini habis, ya besok datang lagi biar langsung tersedia di sini. Memenuhi kebutuhan warga, apalagi sedang genting seperti ini," kata Ari.

Seorang pembeli yang redaksi jumpai, Lina (32), mengaku mencari masker, hand sanitizer juga vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. 

"Saya cari masker, hand sanitizer, vitamin. Agak takut terpapar corona, apalagi sudah ada yang positif di Depok," katanya.

Kemarin, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengakui bahwa Jakarta dalam kondisi genting setelah dua orang di Depok, Jawa Barat, divonis positif virus Corona. 

"Kita menyadari ini situasi urgent atau situasi genting, karena itu segalanya harus dikerjakan dengan cepat dan harus responsif," ucap Anies dalam imbauannya kepada jajaran Pemprov DKI, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Menurut Anies, beberapa fasilitas umum di Jakarta, yang sering digunakan masyarakat Jabodetabek, akan mendapat perhatian lebih besar.

AYO BACA : Aprindo Imbau Masyarakat Jangan Panic Buying

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar