2 WNI Positif COVID-19, FKDM Jakut: Panik Berlebihan Bukan Solusi

  Kamis, 05 Maret 2020   Widya Victoria
Ilustrasi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Tak sedikit masyarakat yang panic buying alias memborong bahan pangan usai pemerintah mengonfirmasi adanya pasien terjangkit virus corona di Indonesia. 

Tak hanya bahan pangan, persediaan masker di berbagai apotik dan supermarket di Jakarta, juga ludes tak bersisa pada hari itu. 

Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Administrasi Jakarta Utara Syarief Hidayatullah mengajak kepada masyarakat untuk tidak panik berlebihan.

"Solidaritas masyarakat harus kita jaga sepenuhnya," ujar Syarief dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/3/2020). 

Syarief menambahkan, panik berlebihan tidak akan pernah menyelesaikan semua persoalan yang ada, akan tetapi sebaliknya menambah masalah sosial baru di tengah-tengah kehidupan masyarakat. "Yang ada seperti kelangkaan bahan makanan, masker dan pembersih tangan," imbuh Syarief.

Ia percaya peran lintas sektoral yang ada, antara pemerintah pusat dan daerah sudah berjalan dengan sangat baik, bahkan keduanya sudah bekerja secara maksimal untuk melindungi masyarakatnya. Akan tetapi hal tersebut menjadi sia-sia jika masyarakatnya sendiri tidak dapat bekerja sama dalam menangani virus mematikan itu.

"Atas nama FKDM Kota Administrasi Jakarta Utara mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia dam khususnya Jakarta agar senantiasa berdoa kepada Tuhan YME, agar kita semua terhindar dari virus tersebut dan tidak banyak saudara-saudara kita yang terkena virus tersebut," tuturnya. 

Syarief melanjutkan, jika ada masyarakat yang telah bepergian ke negara-negara yang terjangkit virus tersebut, dan memiliki gejala-gejala yang mirip maka sebaiknya segera menghubungi pihak-pihak terkait.

FKDM Jakut juga mengajak kepada semua masyarakat agar tidak panic buying. Terpenting, menjalani program Germas atau hidup sehat, dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau pembersih lainnya.

FDM Jakut meyakini bahwa fasilitas dan pelayanan kesehatan yang ada di negeri ini sudah sangat baik. 

"Marilah kita tunjukkan persatuan dan kesatuan kita dan yakinlah bahwa bangsa ini adalah bangda yang kuat dan hebat," pungkasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar