Hanya Tersisa 7 Kecamatan di DKI yang Steril Corona

  Selasa, 31 Maret 2020   Widya Victoria
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Nusantara TV)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut dari 44 kecamatan yang ada di Ibu KOTA, hanya tujuh wilayah di antaranya yang belum terpapar alias steril dari penularan virus corona. 

Kasus corona ini tidak hanya positif, tapi juga orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Di kecamatan itu tinggal tujuh kecamatan yang enggak ada kasus," ujar Anies dalam rapat teleconference bersama lima Wali Kota Administrasi DKI Jakarta yang diunggah ke akun youtube Pemprov DKI, Selasa (31/3/2020).

Anies tak merinci lokasi tujuh kecamatan tersebut. Namun, ia meminta tujuh kecamatan yang masih steril ini harus dijaga ketat agar tidak ada kasus corona di dalamnya.

"Jadi saya akan meminta bapak-bapak semua untuk memikirkan caranya. Bagaimana cara membuat tempat bersih ini tidak tertular," jelasnya.

Anies juga meminta agar pengawasan ketat tidak dilakukan hanya di tingkat kecamatan. Menurutnya tindakan harus dilakukan sampai wilayah RT-RW.

Menurut dia, masih banyak  RT dan RW yang belum terkena kasus corona. Anies meminta agar wali kota menyampaikan instruksi tersebut ke jajarannya.

"Jadi nanti akan disiapkan daftar RW bersih ke bapak-bapak semua, lalu bapak sampaikan ke bawahnya, RW yang bersih dijaga jangan sampe tertular," pintanya. 

Sebelumnya, Anies meminta kelurahan melakukan pembatasan wilayah atau lockdown secara mandiri demi mencegah penularan corona.

Instruksi Anies ini disampaikan kepada lima Wali Kota Administrasi DKI Jakarta dalam repat teleconference.

"Nah biasanya langsung (pembatasan) disebut lockdown dan lain-lain. Intinya di tempat uang bersih harus ada kontrol atas pergerakan orang. Orang keluar masuk harus ada pengendaliannya," ujar Anies dalam video yang dikutip Suara.com, Selasa (31/3/2020).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar