Luhut Pastikan Karantina Wilayah Diumumkan Presiden Pekan Ini

  Selasa, 31 Maret 2020   Khoirur Rozi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. (Antara/Bayu Prasetyo)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, memastikan kebijakan karantina wilayah akan diumumkan pekan ini. 

Menurut Luhut, pengumuman itu akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya kira dalam minggu ini akan ada diputuskan mengenai itu. Intinya Presiden ingin seminimum mungkin rakyat itu jangan sampai jadi korban yang terlalu parah," kata Luhut saat telekonferensi pers dari Kantor Kemenkomarves, Selasa (31/3/2020).

Sebelum memutuskan karantina wilayah, pemerintah saat ini tengah mengkaji dampak yang ditimbulkan, salah satunya ekonomi. Menurut Luhut, Presiden Jokowi tak ingin masyarakat menengah ke bawah menjadi korban jika karantina wilayah diberlakukan.

"Presiden selalu berpikiran begini, orang susah itu jangan ditambahin susah lagi. Karena mungkin beliau pernah mengalami keadaan susah waktu masa kecil," ujar Luhut.

AYO BACA : Sempat Bikin Bingung, Fadjroel: Penerapan Darurat Sipil Adalah Langkah Terakhir

Untuk itu, pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak. Luhut mengklaim bahwa Menteri Keuangan, Sri Mulyani, sedang mengkalkulasi kebijakan pemberian BLT.

"Menurut saya sangat masuk akal. Sekarang Bu Ani (Menteri Keuangan, Sri Mulyani), bagaimana 40 persen warga menengah ke bawah ini ada BLT. Apakah nanti 40 persen atau 20 persen (masyarakat) lagi, dihitung dengan cermat," jelasnya.

Pernyataan Luhut ini berbeda dengan Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, yang mengatakan permintaan Gubernur DKI, Anies Baswedan, untuk memberlakukan karantina wilayah di Jakarta ditolak Presiden Jokowi. 

"Tidak diterima, itu otomatis ditolak," kata Fadjroel Rachman, kepada wartawan, Senin (30/3/2020) malam. 

Menurut Fadjroel, Jokowi lebih memilih menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar yang sudah diumumkan kemarin dalam rapat terbatas kabinet.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar