Terima Bantuan dari BIN, RSUP Persahabatan Gunakan 1.000 APD Setiap Hari

  Kamis, 02 April 2020   Aldi Gultom
RSUP Persahabatan. (SINDOnews/Okto Rizki Alpino)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Jakarta Timur menerima bantuan dari Badan Intelijen Negara (BIN). 

Bantuan yang diterima berupa alat pelindung diri (APD) buat tenaga medis, alat kesehatan dan obat-obatan. 

Serah terima bantuan dilakukan di Posko Bantuan COVID-19 di lobi Gedung Griya Puspa RSUP Persahabatan.

Bantuan secara simbolis diserahkan perwakilan BIN, dr Indiani, yang diterima Dirut RSUP Persahabatan, Rita Rogayah. Bantuan antara lain berupa masker N95, baju hazmat, dan ventilator.

"Ada delapan item bantuan yang kami berikan ke RSUP Persahabatan. Ini untuk memenuhi kebutuhan yang ada di rumah sakit," ujar Indiani, Kamis (2/4/2020).

Rincian bantuan itu adalah Cartridge & Collection Kit (2.000 pcs), PCR Biomolekuler (2 pcs), Ventilator (5 pcs), Digital Rontgen (2 pcs), Alat Pelindung Diri (500 pcs), Masker N95 (300 boks), Sarung Tangan Kesehatan (500 boks), Dacron SWAB (10.000 pcs), serta Cloroquine (10.000 pcs).

Saat menerima bantuan, Dirut RSUP Persahabatan, Rita Rogayah, mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada BIN. 

"Setiap hari ada sekitar 900 - 1.000 APD yang digunakan. Pasien setiap hari terus bertambah dan tentu kami juga membutuhkan APD yang banyak," katanya.

Ditambahkan Rita, awalnya RSUP Persahabatan hanya memiliki 24 tempat tidur bagi pasien COVID-19. Kemudian dilakukan perluasan ruang isolasi sehingga daya tampungnya sudah menjadi 60 tempat tidur. Dalam waktu dekat akan ada penambahan ruangan sehingga bisa merawat 100 pasien COVID-19.

"Saat ini jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di RSUP Persahabatan sebanyak 50 pasien," tambahnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar