Kini ODP Jadi Perhatian, Jumlahnya 139.137 Orang

  Selasa, 14 April 2020   Khoirur Rozi
Simulasi penanganan pasien virus corona (Suara.com/Anang Firmansyah)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Hingga hari ini (Selasa, 14/4/2020), jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terkait COVID-19 di Indonesia sebanyak 139.137 orang. 

Sementara itu jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 10.482 orang.

"Kelompok saudara-saudara kita yang termasuk dalam kategori orang dalam pemantauan sampai saat ini sudah tercatat 139.137 orang. Inilah yang kemudian menjadi perhatian besar kita," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, saat menyampaikan perkembangan terkini di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (14/4/2020).

Yuri menuturkan, status ODP patut diwaspadai mengingat potensi penularan virus tersebut. Beberapa kasus positif COVID-19 bahkan tidak menunjukkan gejala klinis (asimtomatis).

"Tidak menutup kemungkinan dari saudara-saudara kita yang masuk dalam pemantauan dengan kondisi yang tidak sakit atau sakit ringan, seakan-akan tidak sakit, berpotensi menjadi sumber penularan," ungkapnya.

Karena itu, Yuri mengimbau orang yang telah ditetapkan sebagai ODP agar mengisolasi diri secara mandiri. Langkah ini sebagai antisipasi kemungkinan penularan terhadap orang di sekitarnya.

"Apabila tidak segera dirawat dengan baik, apabila tidak segera melaksanakan isolasi diri, karantina diri, dengan cara yang sebaik-baiknya maka berpotensi sumber penularan," ujarnya.

Yuri juga menyampaikan ada penambahan kasus positif COVID-19 di Indonesia sebanyak 282 kasus, sehingga total hari ini menjadi 4.839 kasus. 

Sedangkan 426 orang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19, dan kasus kematian mencapai 459 orang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar