Waduh, Pasien Ebola di Kongo Malah Kabur

  Senin, 20 April 2020   Fitria Rahmawati
Seorang pria di Kongo diberi vaksin anti Ebola oleh salah satu petugas medis. (AFP)

KONGO, AYOJAKARTA.COM - Pasien ebola berusia 28 tahun kabur dari rumah sakit di Kongo dan belum ditemukan. Pasien ini berpotensi menularkan virus ebola yang sempat menjadi pandemi karena menewaskan 71% pasien yang terjangki pada 2014 secara global.

Agar tidak terjadi penularan, pemerintah Republik Demokratik Kongo memperketat pengawasan terhadap warga.

Pasien ebola yang kabur itu diidentifikasi memiliki pekerjaan sebagai pengemudi taksi motor. Ia kabur saat menjalani perawatan di kota Beni, sebelah timur Republik Demokratik Kongo.

AYO BACA : Banting Stir Jadi Perajin Masker, Pelaku UMKM Ini Raup Untung dari Wabah Corona

"Kami akan menggunakan segala cara untuk menemukannya," kata Boubacar Diallo dari unit respons Ebola untuk WHO, dilansir Reuters.

Kaburnya pasien tersebut sontak membuat negara menjadi kelabakan. Pasalnya Kongo akan mengakhiri wabah tersebut yang muncul kembali pada 2020. Kasus tersbeut bahkan mengalami peningkatan.

Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, sudah ada 6 orang terinfeksi sejak pekan lalu.

AYO BACA : Operasional BMKG Pindah di Bali

Namun, kaburnya seorang pasien Ebola yang positif mengacaukan hal ini.

Sebelumnya, dialihbahasakan dari DW, otoritas kesehatan regional melaporkan kematian pertama karena Ebola di tahun 2020 pada bulan Februari.

"Sayangnya, ini artinya pemerintah DRC tidak akan dapat mengumumkan berakhirnya wabah Ebola pada Senin, seperti yang diharapkan," tutur Tedros Adhanom Ghebreyesus, kepala WHO.

WHO mengatakan pihaknya berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah, masyarakat yang terkena dampak dan mitranya untuk mengakhiri wabah Ebola.

Wabah yang berkelanjutan ini dinyatakan pada Agustus 2018 dan sejak sata itu telah membunuh 2.200 orang. Ini juga yang mendorong upaya vaksinasi besar, lebih dari 300.000 warga Kongo menerima imunisasi.

AYO BACA : Pasar ikan Jatinegara Ramai Berjubel saat PSBB, Walkot Jaktim Terjunkan 60 Personel Satpol PP

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar