10 Hari PSBB Depok, Banyak Pengendara Tidak Menggunakan Masker

  Jumat, 24 April 2020   Budi Cahyono
Pengendara motor di PSBB Depok berboncengan tiga, tanpa helm, dan tidak menggunakan masker. (Suara.com/Novian)

DEPOK, AYOJAKARTA.COM – Imbauan pemerintah untuk tetap disiplin dan mematuhi selama masa pandemi corona tak dihiraukan warga di beberapa kota. Salah satunya di Kota Depok yang sudah masuk hari ke-10 pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Jumat (24/4/2020).

Pelanggaran tersebut berupa ketidakpatuhan masyarakat terutama pengendara roda dua untuk memakai masker. Padahal pemerintah sendiri dalam hal ini sudah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

AYO BACA : Langgar PSBB, Jakarta Tutup Sementara 34 Perusahaan

Berdasarkan pantauan, segelintir pengendara motor masih membandel tidak menggunakan masker terjadi di ruas Jalan Raya Bogor mulai dari Simpangan Depok hingga pertigaan lampu merah Jalan Ir Juanda.

Bukan cuma tidak memakai masker, beberapa pengendara motor sekaligus tidak mengenakan helm. Bahkan, ada beberapa pengendara yang nekat membonceng anak kecil duduk di posisi depan, tanpa masker dan tanpa helm.

AYO BACA : 10 Hari Berjalan, Banyak Pengendara Langgar PSBB Bogor

Kondisi tersebut sangat miris, pengendara motor dan anaknya bukan hanya berisiko terpapar Covid-19 melainkan juga berpotensi mengalami luka berat apabila mengalami kecelakaan tanpa mengenakan helm.

Selain di Jalan Raya Bogor, pengendara motor tanpa masket juga ditemukan di ruas Jalan Komjen Pol M Jasin mengarah ke Jalan Akses UI di kawasan Kelapa Dua Depok. Sementara itu di ruas Jalan Margonda, pengendara terlihat tertib dan patuh dalam hal penggunaan masker.

Untuk diketahui, kewajiban penggunaan masker saat masa pandemi Covid-19 sebelumnya disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. Ia mengatakan, perintah itu sesuai dengan rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

"Mulai hari ini sesuai rekomendasi WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus gunakan masker," kata Yurianto kemarin.

Imbauan menggunakan masker bukan lagi hanya untuk masyarakat yang sakit. Masyarakat yang sehat juga diminta menggunakan masker, setidaknya masker kain selama beraktivitas.

AYO BACA : Larangan Mudik, Terminal Jatijajar Depok Sepi Penumpang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar