--> -->

Prajurit TNI Pastikan Distribusi APD Tepat Sasaran Berdasar Data Akurat

  Sabtu, 25 April 2020   Aldi Gultom
Prajurit TNI yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus melakukan pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah daerah Indonesia. (Dok. Puspen TNI)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Prajurit TNI yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus melakukan pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah daerah Indonesia. 

Mereka menerapkan semangat tepat sasaran dalam penyaluran APD ke berbagai rumah sakit di daerah-daerah yang terdampak Covid-19.

Penyaluran APD oleh TNI berdasarkan pelaksanaan kebijakan yang berbasis data akurat dan terbaru dengan proses yang tidak berbelit-belit. 

Dalam pendistribusian APD, TNI mengerahkan sejumlah pesawat milik TNI Angkatan Udara. Sejumlah daerah telah melaporkan penerimaan APD pada hari Jumat (24/4/2020) kemarin. 

Misalnya, Provinsi Sulawesi Selatan telah menerima APD sebanyak 196 koli lengkap. Provinsi Papua juga melaporkan telah melakukan serah terima APD di Jayapura sejumlah 62 koli, diterima langsung oleh Danlanud Marsma TNI Tri Bowo. 

Kemudian, daerah Kalimantan telah melaporkan serah terima APD di Balikpapan sejumlah 64 koli lengkap. Disusul laporan dari daerah ujung paling timur Indonesia, Merauke telah menerima APD sebanyak 10 koli. Di Palangkaraya juga telah terdistribusi yang diterima oleh Kasi Logistik Korem 102 berjumlah 62 koli.

Distribusi APD ke sejumlah daerah adalah hal yang sangat vital dan penting. Jika tidak tepat sasaran, bisa jadi sangat fatal dan berbahaya karena terkait dengan keselamatan tenaga medis yang menangani Covid-19. 

Penyaluran APD oleh TNI turut didukung database yang diperbaharui secara real-time, terkait rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang tenaga kesehatannya memerlukan APD. Selain itu, diperhitungkan berapa banyak dan bagaimana penyebaran yang tepat. Intinya, pendistribusian APD harus sesuai kebutuhan riil di lapangan.

Dalam waktu dekat, TNI dan sejumlah instansi lain yang tergabung Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, akan terus menguatkan koordinasi dan sinergi dengan Pemerintah Daerah. Tujuannya memastikan APD yang sudah sampai di daerah langsung didistribusikan dan benar-benar sampai di tujuan dalam waktu yang cepat. 

Karena itu, diperlukan penambahan personel baru Pejabat Penghubung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat Pusat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat daerah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar