>

Nol Kasus, Wuhan Klaim Bebas Virus Corona

  Senin, 27 April 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Wuhan mengklaim nol kasus Covid-19.

WUHAN, AYOJAKARTA.COM – Kota Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, Tiongkok, di mana Coronavirus ditemukan, saat ini mengklaim telah bebas dari Covid-19. Klaim bersih dari Corona tersebut disampaikan setelah pasien terakhir Covid-19 dipulangkan pada hari Minggu.

Sebelumnya Kota Industri ini mengalami masa pandemi virus corona yang buruk selama empat bulan terakhir sejak akhir Desember 2019. Dilansir dari South China Morning Post, Senin (27/4/2020), pasien terakhir yang keluar daru Wuhan Chest Hospital adalah seorang pria berusia 77 tahun. Sebelum dinyatakan sembuh, pasien tersebut sudah dites dua kali negatif SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

AYO BACA : Italia dan Spanyol Mulai Longgarkan Aturan Lockdown

“Aku sangat merindukan keluargaku,” tegas Ding, paasien terakhir yang sembuh tersebut.

Juru bicara Komisi Kesehatan Nasional, Mi Feng mengemukakan, dengan kerja sama semua pihak di Wuhan, serta bantuan medis nasional yang diberikan kepada Provinsi Hubei, semua kasus Covid-19 di Wuhan diselesaikan pada 26 April.

AYO BACA : Kurang Proteksi Penanganan Covid-19, Tenaga Medis di Pakistan Mogok Makan

Kasus virus corona di Wuhan terjadi pada 18 Februari 2020, yang melaporkan hampir 10 ribu orang dari 38.020 terinfeksi Covid-19 dalam keadaan kritis. Ding merupakan pasien Covid-19 terakhir yang sebelumnya dalam kondisi parah dinyatakan sembuh dan terparah di Provinsi Hubei.

Wuhan mulai lockdown pada 23 Januari 2020 setelah beberapa kasus terpapar corona semakin meningkat tajam. Kebijakan lockdown melarang siapa pun masuk atau keluar kota tanpa persetujuan resmi selama 76 hari. Lockdown Wuhan berakhir pada 8 April 2020.

Menteri Kesehatan Tiongkok, Ma Xiaowei mengatakan fakta ini ada sebuah kemenangan besar. "Menyelesaikan semua kasus parah menandai kemenangan dari pertempuran untuk melindungi Wuhan," katanya dikutip dari televisi Pemerintah China Central Television.

Meski corona di Wuhan hilang, bukan berarti Tiongkok selesai menghadapi virus corona corona. Pemerintah setempat masih bersiaga menghadapi kasus corona dari luar negeri atau imported case.

Dikutip dari data Worldometers,Tiongkok mencatat ada 11 kasus baru di negeri itu per Senin, dengan jumlah kasus aktif sebanyak 801. Total kasus serius sebanyak 51 kasus. Secara total ada 4.632 kematian karena corona di negeri itu. Di mana 77.394 sembuh.

AYO BACA : WHO Peringatkan, Pasien Sembuh COVID-19 Belum Tentu Aman Infeksi Kedua

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar