Dana Kartu Prakerja Terbatas, Peserta Cukup Finansial Diminta Mundur

  Selasa, 28 April 2020   Editor
Ilustrasi kartu prakerja

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pendaftar program Kartu Prakerja membludak hingga membuat pemerintah kewalahan sendiri. Jumahnya mencapai 8,4 juta orang. 

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Deni Puspa Purbasari mengatakan, anggaran pemerintah sangat terbatas dalam program Kartu Prakerja ini.

"Kita tahu bahwa 8,4 juta itu jauh lebih besar daripada apa yang dapat didanai oleh pemerintah," kata Deni Puspa dalam video teleconference di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

AYO BACA : Belva Devara, Anda Tak Punya Mental Baja

Deni Puspa pun menyarankan kepada para peserta yang sudah daftar tapi masih memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk lebih memberikan kesempatan kepada peserta yang lain agar bisa mendapatkan program Kartu Prakerja.

"Karena itu, buat teman-teman yang barangkali tidak terlalu susah dibandingkan saudara-saudara kita yang lain mohon untuk memiliki toleransi, kita utamakan berikan kesempatan terlebih dahulu bagi rekan-rekan kita yang lebih terdampak penghidupannya, income-nya, daya belinya karena COVID-19 ini," kata Deni Puspa.

Sejak diluncurkan pada 11 April 2020 lalu hingga saat ini, program Kartu Prakerja yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sekitar 8,4 juta peserta yang mendaftar. 

AYO BACA : Belva Mundur dari Stafsus Jokowi, Dugaan Skandal Ruang Guru Tidak Gugur

Pada gelombang pertama kartu prakerja sebanyak 168 ribu peserta sudah disalurkan danany. 

"Mereka ini sudah ditransfer di saldo virtual account masing-masing, senilai Rp 3.550.000," ucap Denni.

Dari jumlah uang yang ditransfer, Denni tak lupa mengingatkan penerima bahwa, ada dana untuk membayar pelatihan-pelatihan yang disajikan pada 8 digital platform yang penyedian program tersebut.

"Dan dari jumlah itu kan ada Rp 1 juta yang didedikasikan khusus untuk membeli pelatihan apapun yang masyarakat inginkan," kata Denni.

Platform digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini antara lain Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

AYO BACA : Ini Link dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 2

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar