>

Pemkot Jaktim Tampung Sementara Puluhan PMKS di GOR Ciracas

  Jumat, 01 Mei 2020   Aldi Gultom
Ilustrasi - Sejumlah gelandangan diamankan ketika razia yang dilakukan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta di Kawasan Tanah Abang Jakarta. (Antara/Wahyu Putro)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemkot Jakarta Timur menampung para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) selama pandemi COVID-19 di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (1/5/2020). 

Hari ini, Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, datang langsung ke lokasi untuk mengecek keadaan 50-an orang PMKS itu. Anwar didampingi Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Purwanto.

Dijelaskan oleh Anwar, sebelumnya terdapat 125 PMKS yang ditampung di sana, tetapi 54 orang diantaranya sudah dikembalikan ke keluarganya, 2 orang dibawa ke Panti Sosial Cipayung, dan 16 orang dirujuk ke Balai Rehabilitasi Tuna Susila Mulya Jaya.

"Sesuai informasi akan ada lagi yang dijemput keluarganya. Saya berharap hal ini tidak terjadi lagi di wilayah Jakarta Timur, karena saat pandemi COVID-19 ini mereka tidak bisa sembarangan berkeliaran," kata Anwar.

Saat ini, PMKS yang ditampung sementara di GOR Ciracas adalah mereka yang tak ber-KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan tidak punya rumah. Mereka terjaring petugas Sudin Sosial dan Satpol PP Jakarta Timur saat penyisiran wilayah.

“Setelah ditempatkan di GOR, mereka mendapatkan pemeriksaan rapid test (tes cepat) untuk mengetahui mereka positif atau negatif virus corona,” tambah Anwar.

Untuk sementara, Pemkot Jakarta Timur menampung para PMKS di dua lokasi yaitu GOR Ciracas dan GOR Rawamangun.

“Tapi yang digunakan baru GOR Ciracas karena di sini bisa menampung hingga 100 PMKS, jadi masih difokuskan di sini," jelas Anwar. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar