>

Anies: Bansos Tahap Dua Seminggu Sebelum Lebaran, Penerimanya Jauh Lebih Banyak

  Sabtu, 02 Mei 2020   Aldi Gultom
Ilustrasi pembagian bantuan sosial dari Pemprov DKI Jakarta kepada warga di Cililitan, Jakarta Timur. (Dok. Pemkot Jakarta Timur)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Saat ini sedang berlangsung proses distribusi bantuan sosial (bansos) tahap pertama oleh Kementerian Sosial di wilayah DKI Jakarta. 

Sedangkan, distribusi bansos tahap kedua dari Pemprov DKI Jakarta ditargetkan akan menjangkau lebih banyak penduduk dan akan dilakukan pada satu pekan dan 10 hari sebelum Lebaran. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menerangkan, sebanyak 98,4 persen bansos tahap pertama terdistribusi tepat sasaran, walau mesti diakui terdapat kekurangan dalam pelaksanaan tahap pertama yaitu sebanyak 1,6 persen tidak tepat sasaran.

"98,4 persen yang terdistribusi pada keluarga yang tepat. Itu langkah yang harus kita apresiasi karena tidak mudah. Yang 1,6 persen jadi bahan untuk koreksi," ungkap Anies di Pendopo Balai Kota Jakarta, Jumat (1/5/2020) malam, dikutip dari PPID Provinsi DKI Jakarta. 

Untuk tahap dua, jumlah penerima bansos akan lebih banyak karena Pemprov DKI mengumpulkan segmen-segmen yang kemarin tidak termasuk keluarga miskin tapi termasuk membutuhkan. 

"Angkanya akan mengalami peningkatan sangat besar, jauh di atas 1,2 juta orang yang difasilitasi kemarin," ungkap Anies. 

Ia berharap, melalui distribusi bansos ini, masyarakat dapat melewati masa PSBB dan pandemi COVID-19 dengan baik. Masyarakat juga diimbau untuk disiplin menaati peraturan selama PSBB diberlakukan. Hal ini dilakukan semata untuk melindungi seluruh masyarakat di Jakarta.

"Insya Allah, kalau mata pencaharian hilang, kami bisa siapkan bansos. Tapi, kalau sakit dan meninggal (karena COVID-19), tidak bisa digantikan. Kita harus sadar betapa pentingnya melewati masa sulit ini," ucap Anies.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar