Angka Kriminalitas Jalanan Naik Selama Dua Pekan

  Rabu, 06 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono. (Suara.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Angka kejahatan jalanan meningkat selama dua pekan terakhir saat masyarakat dilanda wabah virus corona. Banyak wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kejahatan jalanan tak bisa dihindari.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono memaparkan, situasi keamanan di Indonesia kini masih dalam kondisi aman meski mulai banyak permasalahan sosial ekonomi yang terjadi akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Kenaikan angka kejahatan jalanan secara kuantitas dan kualitas terjadi pada kejahatan jalanan seperti penjambretan, perampokan, pencurian bermotor dan pembongkaran mini market. Namun, tidak ada data pasti mengenai kenaikan kejahatan jalanan itu.

"Jadi kriminalitas polisi memberdayakan petugas keamanan bahwa di setiap perumahan dan kawasan ada yang jaga disana. Dan kami memanfaatkan orang tersebut yang ada disana untuk membantuk untuk memberikan rasa aman kepada warga," kata Argo dari Kantor BNPB, Jakarta pada Rabu (6/5/2020).

AYO BACA : Bermaksud Lerai Tawuran, Warga Depok Tewas Disabet Celurit

Sementara, kata Argo, berdasarkan data Mabes Polri terjadi penurunan angka kejahatan secara umum sebesar 19,90% dalam periode Maret-April.

"Secara umum situasi Kamtibmas di seluruh Indonesia dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali bahkan menurut catatan data statistik kejahatan Kepolisian bahwa pada periode bulan Maret dan April terjadi penurunan yang sebesar 19,90%," kata Argo.

Argo merinci dengan pada bulan Maret ada sebesar 19.128 kasus dan pada bulan April mengalami penurunan yang cukup signifikan menjadi 15.322 kasus.

"Khusus pada Minggu ke-16 dan Minggu ke-17 terjadi penurunan sebesar 1,34% dengan perincian jumlah kejahatan pada Minggu ke-16 sebanyak 3.587, sedangkan untuk Minggu ke-17 sebanyak 3.539 atau mengalami penurunan sebanyak 48 kasus," ucapnya.

AYO BACA : Bulan Ramadan, 3 Tersangka Pengedar Narkoba Dibekuk Polisi di Bogor

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar