Unair Temukan Virus Corona Jenis Baru Khas Indonesia

  Minggu, 10 Mei 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Unair menemukan virus corona jenis baru (pixabay)

SURABAYA, AYOJAKARTA.COM-- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menemukan adanya virus corona jenis baru. Rektor Unair Surabaya Prof Dr Mohammad Nasih mengatakan, temuan itu menyusul penemuan 6 whole genome.

Whole genome ditemukan dari identifikasi sidik 20 pasien positif Covid-19 pada Maret dan April 2020. Temuan ini juga akan dilakukan proses lebih lanjut.

Whole genome temuan ini disebut khas Indonesia, selain Whole genome dari Eropa dan Tiongkok.

"Temuan yang menurut saya sangat strategis, karena temuan whole genome khas Indonesia ini akan dilakukan proses lebih lanjut," kata Nasih pada SuaraJatim.id, Minggu (10/5/2020).

Dari enam whole genome yang didapatkan Unair ini ada beberapa hal yang menarik. Salah satunya tipe pola yang mengikuti Tiongkok.

"Pertama adalah berdasarkan waktunya untuk sampel yang diambil Bulan Maret itu dari 4 sampel, 3 tipe polanya itu mengikuti Tiongkok. Sementara 2 sampel yang diambil bulan April itu tipe polanya mengikuti dan mirip tipe di Eropa," imbuhnya.

Sementara itu Kepala ITD Unair Prof Maria Inge Lusida mengatakan, 6 whole genome yang ditemukan itu berasal dari 20 sample positif Covid-19 yang didapatkan ITD.

Unair juga mempunyai next generation sequencer, di mana itu Unair bisa memetakan seluruh gen dari virus corona. "Dari 6 (whole genome) ini kita mendapat 4 yang dekat dengan Tiongkok dan 2 dekat dengan Eropa," ujarnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar