Staf Terpapar Corona, Wapres AS Isolasi Mandiri

  Senin, 11 Mei 2020   Budi Cahyono
Wakil Presiden Mike Pence mengunjungi laboratorium pengujian molekuler di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Selasa (28/4). Dalam kesempatan tersebut Mike Pence mengunjungi berbagai fasilitas yang mendukung penelitian dan perawatan COVID-19. Namun selama kunjungan Pence memilih tidak memakai masker saat berkeliling di Mayo Clinic, Hal ini jelas melanggar kebijakan pusat medis yang mengharuskan penggunaan masker. Foto: AP/Jim Mone

AYO BACA : Amerika Serikat Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 ke Manusia

AYO BACA : Kondisi Corona Dunia, Amerika Masih Memprihatinkan

WASHINGTON, AYOJAKARTA.COM – Salah seorang staf Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Katie Miller dikonfirmasi terpapar virus corona dan dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Sebagai langkah awal, Wakil Presiden AS Mike Pence melakukan isolasi mandiri. Pemerintah AS mengatakan Pence sukarela membatasi pergerakannya. Hasil tes Covid-19 Pence berulang kali negatif tapi ia tetap melakukan isolasi mengikuti anjuran petugas kesehatan.

"Wakil Presiden Pence akan terus mengikuti nasihat Unit Kesehatan Gedung Putih dan tidak dikarantina," kata juru bicara Pence, Devin O'Malley, Senin (11/5/2020).

Pence diberitahu hasil tes Miller positif pada Jumat (8/5/2020) pagi. Sebelum ia meninggalkan Washington untuk mengunjungi Iowa.

"Sebagai tambahan, hasil tes Wakil Presiden Pence negatif setiap hari dan ia berencana berada di Gedung Putih besok," kata O'Malley.

Dalam pernyataannya Sabtu (10/5/2020) Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS mengatakan selama dua pekan ke depan direktur mereka Dr Robert Redfield akan 'bekerja jarak jauh. Redfield dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan gejala apa pun.

Beberapa jam sebelumnya Badan Obat-obatan dan Makanan AS (FDA) mengkonfirmasi komisioner FDA Stephen Hahn melakukan kontak dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 dan mengarantina dirinya sendiri selama dua pekan ke depan. Hingga saat ini hasil tesnya masih negatif.

Kedua orang yang juga anggota gugus tugas virus corona Gedung Putih itu dijadwalkan untuk bersaksi di hadapan komite Senat bersama pakar penyakit menular AS Dr Anthony Fauci.

Ketua panel komite Senat, Senator Lamar Alexander mengatakan Gedung Putih akan mengizinkan dua orang itu bersaksi melalui video konferensi, sebagai pengecualian dalam sidang mendengar saksi.

Katie Miller menjadi orang kedua di komplek Gedung Putih yang dinyatakan positif Covid-19 pekan lalu. Pada Kamis (7/5/2020) Gedung Putih mengkonfirmasi anggota militer yang bekerja menjadi valet Presiden Donald Trump dinyatakan positif pada Rabu (6/5/2020).

AYO BACA : AS Hentikan Dana WHO

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar