--> -->

Update Corona di Tasik: 2 Pasien Positif Membaik, 14 Orang Reaktif Hasil Rapid Test

  Selasa, 12 Mei 2020   Editor
Jurubicara Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tasikmalaya, Heru Suharto

SINGAPARNA, AYOJAKARTA.COM -- Dua pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS Singaparna Media Citrautama Kabupaten Tasikmalaya berangsur membaik. 

"Informasi yang masuk ke kita. Keduanya sudah dalam kondisi baik. Bahkan infus sudah dicopot," kata Jurubicara Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tasikmalaya, Heru Suharto, Selasa (12/5/2020).

Selanjutnya tinggal menunggu hasil tes swab kedua pasien tersebut. Heru menjelaskan, jika hasil swab negatif, kemungkinan mereka berdua diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. 

Di sisi lain, lanjut Heru, pihaknya telah melakukan skrining rapid test secara masif terhadap sedikitnya 1.500 orang. Dari hasil rapid test ini, 14 orang menunjukan reaktif.

"Akan tetapi belum kita pastikan itu terpapar COVID-19 atau tidak. Kita telah mengambil sampel lendir tenggorokan mereka guna keperluan Swab. Hasilnya belum keluar," kata Heru.

Heru melanjutkan, sebanyak sembilan orang di antaranya dinyatakan ODP (Orang Dalam Pantauan) dan tujuh lainnya diperintahkan melakukan isolasi mandiri.

"Jadi yang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari ini memang reaktif versi rapid test. Tapi, dari segi kondisi mereka baik dan tidak ada gejala," tambah Heru dilansir Ayotasik.com.

Untuk menjamin tidak ada pelanggaran isolasi mandiri oleh tujuh orang reaktif COVID-19, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya menugaskan RT Siaga untuk terus melakukan pemantauan.

"Mereka yang melakukan isolasi mandiri tidak serta merta mendapat bantuan materi dari pemerintah. Apalagi kalau selama masa isolasi mereka masih bisa mencukupi kehidupannya," ucap Heru.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar