Soal Surat Bebas Covid-19, RS Mitra Keluarga Ultimatum Pelaku ke Jalur Hukum

  Jumat, 15 Mei 2020   Budi Cahyono
RS Mitra Keluarga bantah menjual surat sehat bebas covid. (Dok. Instagram/MitraKeluarga)

TANGERANG, AYOJAKARTA.COM – Dibukanya keran transportasi oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya membuat warga berduyun-duyun melakukan perjalanan jarak jauh.

Namun, perjalanan yang diperbolehkan harus memenuhi syarat dokumen tertentu untuk melaksanakan perjalanan. Selain berimbas pada lonjakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan mengabaikan jaga jarak, ada juga oknum yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

AYO BACA : Calon Pembeli Surat Bebas Covid-19 Harus Pesan Via WA

Para oknum pun mencari keuntungan untuk menjual syarat dokumen boleh melakukan perjalanan yang dipasarkan via online. Surat sehat bebas Covid-109 tersebut menggunakan kop surat Rumah Sakit Mitra Keluarga Gading Serpong, Tangerang.

Manajemen RS Mitra Keluarga Gading Serpong meradang adanya surat sehat bebas Covid-19 yang mengatasnamakan RS Mitra Keluarga.

AYO BACA : Dicatut Namanya Dalam Jual Beli Surat Bebas Covid-19, Ini Penjelasan RS Mitra Keluarga

“Sehubungan dengan beredarnya pemberitahuan di media sosial maupun situs berita mengenai surat keterangan sehat yang menggunakan kop surat Mitra Keluarga dan atau mengatasnamakan Mitra Keluarga, dengan ini kami sampaikan bahwa kami manajemen Mitra Keluarga tidak pernah bekerja sama dengan pihak-pihak yang menjualbelikan surat keterangan bebas Covid maupun surat keterangan apa pun,” ujar Customer Management Mitra Keluarga, Puja, dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Jumat (15/5).

Mitra Keluarga juga mengingatkan agar pihak yang mencoba menjual surat sehat bebas Covid tersebut atau surat apa pun yang mengatasnamakan atau yang menggunakan kop surat Mitra Keluarga untuk menghentikan tindakannya. Jika hal ini tidak diindahkan, Mitra Keluarga menyatakan akan mengultimatum pelaku dan membawa kasus ini ke hadapan hukum.

“Mitra Keluarga akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang mengatasnamakan dan atau menggunakan atribut Mitra Keluarga, termasuk menggunakan kop surat Mitra Keluarga tanpa seizin kami,” ujar Puja.

Sebelumnya, surat sehat bebas Covid tersebut sempat ditemukan dijual di marketplace Tokopedia dengan harga Rp70 ribu. Namun, pencarian terhadap surat bebas Covid tersebut tidak lagi ditemukan karena telah dihapus oleh pihak Tokopedia.

AYO BACA : Polisi Dalami Kasus Jual Beli Online Dokumen Syarat Perjalanan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar