Batas Minimal Jamaah Salat Id

  Jumat, 22 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Sebagai ilustrasi salat jamaah di rumah/ Republika

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Dikutip dari laman Bincang Syariah, kebolehan salat Idulfitri di rumah bukanlah dalam rangka rukhshah (keringanan), melainkan masih termasuk azimah (hukum asal) dari salat Idulfitri itu sendiri.

Lalu, adakah jumlah minimal jamaah salat Idulfitri di rumah?

Komisi Fatwa MUI menyatakan bahwa sah salat Idulfitri berjamaah di rumah dengan 4 orang saja, dalam fatwa terbaru Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idulfitri Saat Pandemi Covid-19.

Salah satu isinya adalah jumlah jamaah yang salat Idulfitri di rumah minimal 4 orang, satu orang imam dan 3 orang menjadi makmum. Bila kurang dari 4 orang atau tidak ada yang berkemampuan untuk khutbah, maka salat Idulfitri tetap boleh dilakukan secara berjamaah namun tanpa pelaksanaan khutbah.

AYO BACA : Menag: Salat Idulfitri di Rumah Saja

Solusi lainnya adalah tetap melaksanakan salat Idulfitri berjamaah di rumah, baik sendiri maupun berjamaah, tanpa diiringi dengan khutbah sesudahnya. Sebab khutbah Idulfitri tidak menjadi syarat sah salat, melainkan bersifat sunnah (al-Fiqh ala al-Madzahib al-Arba’ah, 1/321).

Hal ini selaras dengan fatwa Haiah Kibar al-Ulama bi al-Azhar (Dewan Ulama Senior Al-Azhar) yang salah satu isinya menginstruksikan pelaksanaan salat Idulfitri di rumah tanpa memakai khutbah.

 

Simak Video Panduan Salat Id di Rumah

 

AYO BACA : Salat Idulfitri di Rumah, Begini Panduannya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar