>

Abaikan PSBB, Warga Bogor Padati Makam untuk Tradisi Ziarah

  Senin, 25 Mei 2020   Budi Cahyono
Padatnya para peziarah ke makam dimanfaatkan para pembersih makam untuk mengais rezeki. (dok Suara.com)

CIBINONG, AYOJAKARTA.COM – Lebaran kedua dimanfaatkan warga Bogor untuk berziarah ke tempat pemakaman umum (TPU). Ziarah kubur salah satu momen wajib atau tradisi selain halalbihalal ke sanak-keluarga yang tak bisa dihilangkan.

Dengan mengabaikan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Bogor, warga berbondong-bondong melakukan tradisi ziarah kubur di tengah pandemi virus corona yang belum mereda.

AYO BACA : Selama PSBB Jakarta, TPU Karet Bivak Tak Layani Peziarah

Pemandangan tersebut tampak di TPI Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (25/5/2020). Ramainya para peziarah dimanfaatkan para pembersih kuburu untuk mengais rezeki dari masyarakat yang datang.

Maklum saja, selama adanya pandemi virus corona TPU tampak sepi dari peziarah pada saat awal memasuki bulan Ramadan. Salah satu pembersih kuburan, Radu (50) mengatakan, di hari raya Idulfitri ini ia bisa kembali mendapat rezeki.

AYO BACA : Update Covid-19 Kota Bogor, Tak Ada Tambahan Pasien Positif

"Iya alhamdulillah pak ada aja," kata Radu saat berbincang dengan Suara.com di TPU Pondok Rajeg, Cibinong.

Radu mengaku tak mematok harga dalam membersihkan kuburan kepada para peziarah yang datang. Ia mengatakan, rela dibayar seikhlasnya.

"Kalau kami ngoret (membersihkan) aja, kami mah seikhlasnya yang ngasih. Kan enggak semua orang punya duit yang dateng. Kadang Rp20.000, Rp30.000 ada yang Rp50.000 ya lumayan aja," sambungnya.

Lebih lanjut, Radu dan sejumlah pembersih kuburan di TPU Pondok Rajeg ini tidak setiap hari bekerja sebagai pembersih kuburan. Ia mengaku, melakukan pekerjaan ini hanya setahun sekali pada saat Idulfitri seperti sekarang.

"Saya aslinya kerja kuli bangunan. Di sini bantu-bantu aja lumayan. Yang lain juga cuma setahun sekali. Dari kemarin ramai, pas munggah (awal Ramadan) sepi," kata dia.

AYO BACA : Bima Arya Sebut 5 Ujian dalam Menghadapi Pandemi COVID-19, Ini Penjelasan Lengkapnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar