>

Terlalu Gegabah! YLKI Minta Gubernur Anies Tolak Buka Mal 5 Juni

  Selasa, 26 Mei 2020   Editor
Tulus Abadi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) tegas menolak rencana pemerintah membuka mal di Jakarta dan daerah lainnya pada 5 Juni mendatang. 

Pasalnya kurva kasus COVID-19 di Tanah Air dinilai belum akan tampak menurun pada waktu tersebut.

"Rencana pembukaan mal di Indonesia khususnya di Jakarta pada 5 Juni yang akan datang saya kira ini sebuah kebijakan yang terlalu dini bahkan terlalu gegabah," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi melalui video yang diunggah melalui akun YouTubenya, Selasa (26/5/2029).

Tulus menilai seharusnya pembukaan mal tersebut bisa dilakukan pemerintah apabila kurva kasus COVID-19 sudah menunjukkan adanya penurunan. Sehingga, menurutnya tidak ada alasan bagi pemerintah untuk membuka mal.

Khusus untuk di Jakarta, Tulus pun meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk turut menolak rencana pemerintah tersebut. 

"Pemerintah harus mengutamakan aspek pegendalian COVID-19 sebagai panglima, bukan ekonomi sebagai panglima," katanya menambahkan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat telah merilis daftar 60 mal yang akan kembali buka pada Jumat (5/6/2020) dan empat mal yang buka pada Senin (8/6/2020).

"Data mal anggota APPBI DKI Jakarta yang akan buka kembali (new normal) berdasarkan Pergub Nomor 489 Tahun 2020," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar