>

73 Mal di DKI Siap Buka, Anies: Itu Fiksi

  Rabu, 27 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Data reproduksi virus corona (Rt) di DKI Jakarta pada Maret 2020. instagram: @aniesbaswedan
JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Guberur DKI Jakarta Anies Baswedan menampik kepastian akan ada pembukaan 73 mal secara bertahap di DKI Jakarta. Rencananya, mal tersebut mulai dibuka pada 5 Juni.
 
"Kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni, mal buka tanggal 7 (Juni), itu imajinasi. Itu fiksi karena belum ada aturan manapun yang mengatakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diakhiri," kata Aies saat meninjau pos pembatasan mobilitas kendaraan menuju Jakarta di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020).
 
Anies sebelumnya menyatakan ada kemungkinan PSBB tahap III akan menjadi masa penghabisan. Namun keputusan tersebut bergantung pada kondisi penularan virus corona di akhir PSBB tahap III. PSBB tahap III sendiri akan berakhir pada 4 Juni 2020.
 
Bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu justru mengatakan masih ada peluang untuk memperpanjang PSBB. Kendati demikian, ia menyatakan sedang mempersiapkan protokol kesehatan yang akan dijalankan jika PSBB berakhir.
 
"Bila perilaku seluruh masyarakat menahan diri, kemudian tingkat reproduksi virusnya (Rt) turun di bawah 1, maka kita bisa mengakhirinya ditanggal 4 (Juni)," katanya.
 
Sekira sepekan lalu, Selasa (19/5/2020), mantan Rektor Universitas Paramadina itu mempublikasikan data mengenai angka reproduksi virus corona (Rt) DKI Jakarta. Saat itu, Anies menggunakan data dari tim ahli epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) sebagai pedoman memperpanjang PSBB DKI Jakarta menjadi tahap III.
 
"Pada Maret 2020, angka reproduksi/ tingkat penularan awal (R0) di DKI adalah empat, artinya satu orang bisa menulari empat orang lainnya. Alhamdulillah berkat kerja sama kita semua, terutama 60% warga yang memilih berada #dirumahaja selama PSBB, pada 17 Mei angka reproduksi (Rt) kita di kisaran 1,11," tulis Anies.
 
"Sedikit lagi, idealnya angka reproduksi (Rt) harus ditekan di bawah satu baru bisa kita anggap terkendali," tambahnya dalam keterangan data yang ia unggah melalui instagram @aniesbaswedan.
 
Diberitakan sebelumnya, pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta segera kembali beroperasi usai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap III di ibu kota berakhir pada 4 Juni. Hal tersebut dikatakan Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja DKI Jakarta, Ellen Hidayat.
 
Secara spesifik ia mengatakan, keputusan membuka mal berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 489 tahun 2020 tentang perpanjangan PSBB mulai 22 Mei sampai 4 Juni. Terakhir, ia menyebut ada 67 mal yang akan dibuka tanggal 5 Juni, dan 6 mal yang dibuka 8 Juni 2020.

AYO BACA : Daftar 73 Mal di Jakarta yang Segera Buka Kembali

AYO BACA : Anies Akan Jelaskan Protokol Kesehatan Era Normal Baru Setelah PSBB Berakhir

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar