Ribuan Pekerja Sepatu Nike di Tangerang Kena PHK

  Rabu, 27 Mei 2020   Budi Cahyono
[ilustrasi] Ribuan pekerja produsen sepatu Nike di Tangerang terkena PHK

TANGERANG, AYOJAKARTA.COM – Terdampak pandemi Covid-19 di Indonesia, ribuan pekerja PT Victory Chingluh Indonesia terpaksa mendapatkan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Perusahaan yang memproduksi sepatu Nike tersebut sedikitnya mem-PHK 4.985 buruh pada masa pandemi ini.

AYO BACA : H+3 Lebaran, 56 Kendaraan Disuruh Putar Balik di GT Cikupa

Kepala Seksi Penyelesaian Hubungan Industrial Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang Hendra menjelaskan kebijakan PHK diambil lantaran income perusahaan menurun dratis gegara pandemi corona.

“Data yang kami terima di PT Victory Chingluh Indonesia sudah ada 4.985 yang di PHK,” ujar Hendra kepada wartawan sebagaimana dilansir Bantennews.co.id (jaringan Suara.com), Selasa (27/5/2020).

AYO BACA : Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Dipolisikan, Diduga Aniaya Istri

Hendra menjelaskan sebelum melakukan PHK massal tersebut manajemen PT Victory Chingluh Indonesia sudah konsultasi dengan pihak Disnaker termasuk dengan serikat pekerja.

“Tidak adanya order untuk ekspor dan even-even olahraga internasional dihentikan akibat dampak dari COVID-19. Itu alasan perusahaan mem-PHK ribuan karyawannya. Walau begitu, semua karyawan yang terkena PHK tersebut tetap mendapatkan haknya berupa uang pesangon,” terangnya.

Tercatat dari pihak Disnaker, sedikitnya 79 perusahaan di Kabupaten Tangerang selain PT Victory Chingluh Indonesia, yang sudah melakukan PHK massal.

AYO BACA : Denda 10% Karena Telat Bayar SPP, Orang Tua di Kota Tangerang Protes

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar