Rekayasa Lalu Lintas di Tol Cikupa Antisipasi Arus Balik ke Jakarta

  Rabu, 27 Mei 2020   Budi Cahyono
Sebuah mobil tampak tengah diputarbalik di Gerbang Tol Cikupa, Tangerang, pada H=3 Lebaran 2020 dan saat berlangsung PSBB fase ketiga [Suara.com/Stephanus Aranditio].

TANGERANG, AYOJAKARTA.COM – Petugas gabungan Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Satpol-PP mulai memindahkan pos cek poin pemeriksaan yang semula dari arah arus mudik ke arah arus balik masuk Jabodetabek.

Pemindahan ini melihat arus balik ke Jakarta mulai padat saat melintas dari arah Merak ke arah Jabodetabek dan sebaliknya di Tol Cikupa, Tangerang terpantau ramai lancar pada H+4 lebaran, Rabu (27/5/2020), sekita rpukul 09.00 - 11.00 WIB.

"Baru mulai siang ini (penyekatan arus balik dari Merak), jadi siang ini kita sudah tidak lagi penyekatan mudik, posnya dibalik, pagi ini kita rekayasa lalu lintas dulu ada perubahan-perubahan, pembatas betonnya dipindah dan sebagainya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (27/5/2020).

AYO BACA : Penyekatan Batas Kota Semarang, 4.041 Kendaraan Diminta Putar Balik

Petugas menerapkan sistem satu lajur bagi kendaraan pribadi dari arah Merak ke Jabodetabek di Gerbang Tol Cikupa agar kendaraan dapat memperlambat laju untuk diperiksa sehingga tidak membahayakan petugas.

Kendaraan yang diperbolehkan melintas di Tol Merak-Tangerang hanya kendaraan logistik dan kendaraan darurat, seperti kendaraan pengangkut bahan bakar, sembako dan ambulans.

Setiap kendaraan juga wajib menunjukkan Surat Izin Keluar atau Masuk (SIKM) agar bisa masuk ke Jabodetabek demi mencegah orang masuk ke dalam epicentrum virus corona Covid-19 di Indonesia ini.

AYO BACA : Lima Pintu Tol di Cirebon Dibatasi, Kendaraan Pribadi Dilarang Masuk

Apabila pengendara tidak dapat menunjukkan SIKM tersebut, maka kendaraan mereka akan diputarbalikkan kembali ke arah Merak atau ke arah Jabodetabek.

"Karena baru dipindahkan posnya, nanti sore ada datanya (yang diputar balik)," ucap Sambodo.

Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah arus mudik sesuai dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) fase ketiga DKI Jakarta yang berakhir pada 4 Juni 2020.

PT Jasa Marga (Persero) mencatat pada Selasa (26/5/2020) jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Cikupa tercatat sebanyak 17.098 kendaraan, turun sebesar 59 persen dari Lebaran tahun 2019.

AYO BACA : Kelurahan Jagakarsa Buat Pos Pemeriksaan PSBB

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar