Meme Corona Luhut untuk Mahfud MD Bikin Netizen Geram

  Rabu, 27 Mei 2020   Fitria Rahmawati
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/ Suara.com

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Mayoritas masyarakat menilai pandemi virus corona tidak layak menjadi bahan lelucon, terlebih yang melakukan adalah pejabat publik yang harusnya bisa menjadi contoh kepada warga. Belum lama ini, Menko Poliitik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bercerita mendapatkan meme dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Mahfud secara gamblang menceritakan meme yang dikirim Luhut menyamakan virus corona dengan istri. Meme itu dibuat dalam tulisan berbahasa Inggris yakni, 'Corona is like your wife. In easily you try to control it, then you realize that you can't. Than you learn to live with it.'

"Corona itu seperti istrimu, ketika kamu mau mendapatkannya, kamu berpikir kamu bisa menaklukan dia. Tapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukkan istrimu," kata Mahfud saat mengisi acara Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta secara virtual, Selasa (26/5/2020).

Namun ternyata, kabar tentang meme yang dikirim olah Luhut Pandjaitan ini menuai kecaman dari publik di dunia maya. Beberapa diantaranya keberatan dengan pengibaratan virus corona dengan seorang perempuan.

AYO BACA : Soal Korona, Luhut: Ngapain Bohong?

"Menjijikkan. Ditunggu ralatnya!" tulis Ariel Heryanto, Profesor Program Studi Indonesia di Universitas Monash Australia yang telah pensiun tahun ini.

Sementara itu aktivis feminisme Lini Zurlia juga menanggapi kabar itu dengan menulis ulang kutipan pernyataan itu di Twitter-nya pada Selasa (26/5/2020).

"Bener-bener dah," tulis Lini sembari menyelipkan emotikon kemarahan.

Begitu pula para warganet yang dibuat heran atas meme yang dibagikan oleh sosok sekaliber Luhut Pandjaitan itu.

AYO BACA : Luhut Kesal Ada Orang yang Mempertanyakan dan Merendahkan Jokowi

"Dia follow akun meme apa sih, kok bisanya kepikiran kaya begitu," seorang warganet keheranan.

"Bapak ada masalah apa sama istri pak? Coba diobrolin. Jangan jadi istri disamain sama corona," tulis seorang warganet.

"Jokes bapak-bapak WA mesti nih," warganet lainnya berkomentar.

Sementara itu, seorang warganet berusaha menjelaskan fungsi dari sebuah meme dalam dinamika media.

"Meme itu buat ngelucu, bukan buat dipake pembenaran kebijakan negara yang enggak bener. Sexist, inconsiderate pula meme nya. Pejabat ngomong new normal mah enak. Privileged bisa distancing, kalau kena dapat akses kesehatan, ventilator gampang."

AYO BACA : Luhut: Jangan Pakai Lagi Istilah Lockdown

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar