--> -->

PJJ Perlu Diperpanjang Demi Keselamatan Guru dan Murid

  Kamis, 28 Mei 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi pembelajaran jarak jauh/ (Unsplash/@anniespratt)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyarankan kepada pemerintah agar pembelajaran jarak jauh (PJJ) diperpanjang. Hal ini mengingat penyebaran Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah setiap harinya.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) FSGI, Satriwan Salim mengungkapkan, membuka kembali sekolah pada pertengahan Juli perlu pertimbangan matang. Sebab, normalisasi kegiatan belajar-mengajar di tengah pandemi Covid-19 dapat mengancam keselamatan siswa dan guru.

AYO BACA : Pemerintah Jangan Bahayakan Keselamatan Siswa, Tunda Saja Tahun Ajaran Baru ke Januari 2021

"Jika kondisi penyebaran Covid-19 masih tinggi, sebaikanya opsi memperpanjang metode PJJ adalah yang terbaik," kata Satriwan dalam keterangan tertulis yang diterima Ayojakarta, Kamis (28/4/2020).

Lebih lanjut dia menuturkan, ketika metode PJJ diperpanjang maka tidak perlu mengundur tahun ajaran baru ke Januari 2021. Alasannya, hal tersebut berdampak besar terhadap sistem pendidikan nasional, eksistensi sekolah swasta, dan menurunkan pendapatan guru swasta.

AYO BACA : Tahun Ajaran Baru di Saat Pandemi Persulit Ekonomi Orang Tua Murid

"Mesti dipahami juga bahwa perpanjangan pelaksanaan PJJ tidak akan menggeser tahun ajaran baru 2020/2021. Sebab akan berisiko dan berdampak besar terhadap sistem pendidikan nasiona," kata guru SMA di Jakarta Timur ini.

Selain itu, jika PJJ diperpanjang, maka harus dibarengi dengan perbaikan dari berbagai aspek di antaranya kompetensi guru dan jaminan akses internet dan gawai. Dia pun meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengevaluasi PJJ tiga bulan terakhir.

"Tentunya opsi perpanjangan PJJ ini dengan perbaikan-perbaikan di segala aspek, misalnya jaminan keadilan oleh pemerintah terhadap akses internet dan gawai yang tak dimiliki semua siswa. Perbaikan dalam pengelolaan PJJ yang terkait dengan kompetensi guru," ungkapnya.

AYO BACA : Bantahan Disdik DKI: Sekolah Dibuka Kembali Setelah Kondisi Benar-benar Aman

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar